Minta Gubernur Ikut Berjuang

Sementara itu, Emil pun memberikan apresiasi untuk aksi mahasiswa dan pelajar yang terjadi beberapa hari belakangan. Artinya, kata Emil, pelajar dan mahasiswa di Jawa Barat mempunyai kepedulian tinggi terhadap persoalan bangsa.

“Saya mengapresiasi bahwa saya gembira pelajar dan mahasiswa Jawa Barat punya kepedulian tinggi terhadap permasalahan bangsa. Semangat kritis ini saya doakan dipertahankan,” kata Emil di hadapan para pendemo.

“Hanya dalam penyampaian unjuk rasa tidak dilarang karena diatur undang-undang. Yang dilarang itu kalau melanggar aturan,” tambahnya.

Menanggapi tuntutan para pendemo, Emil berjanji menyampaikan aspirasi pendemo kepada Pemerintah Pusat. Karena apa yang dituntut pendemo ada dalam ranah kebijakan Pemerintah Pusat.

“Saya dulu adalah pegiat civil society juga. Jadi, kalau itu ada ranahnya dalam kendali saya, responsnya memang tidak terlalu susah. Tapi kan wacana ini ada dalam kendali keputusan Pemerintah Pusat,” tambahnya saat ditemui usai berdialog dengan para pendemo.

“Maka yang bisa disampaikan adalah kita menyampaikan aspirasi dan pandangan pribadi, setelah itu mohon dicermati, diputuskan. Saya kira itu juga pelajaran buat saya dalam mengambil kebijakan di Jawa Barat, harus banyak berinteraksi dengan masyarakat terdampak,” kata Emil. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan