Menristekdikti Minta LTMPT Segera Install Aplikasi UTBK

SEMARANG – Untuk mengantisipasi koneksi in­ternet yang terlalu padat apa­bila semua lokasi tes men­gunduh soal menjelang atau pada saat tanggal tes. Men­teri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek­dikti) Mohamad Nasir me­minta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia ujian tulis berba­sis komputer (UTBK) lokal untuk menginstall aplikasi UTBK. Fungsinya untuk men­gunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan.

”Untuk mengatasi kendala yang terjadi, yang paling per­tama soal sudah diunduh sebelumnya dan diterima. Karena yang penting pada saat Hari H (aplikasi) diinstal di tempat ujian, tidak terjadi masalah,” ujar Nasir ketika mengunjungi kampus Uni­versitas Diponegoro (Undip), baru-baru ini.

Menurutnya, tujuan dari menginstall aplikasi UTBK dan mengunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan untuk menganti­sipasi traffic data yang padat akibat aktivitas pusat UTBK se-Indonesia dalam mengun­duh soal. Sebab, jika koneksi internet bermasalah, akibat­nya akan mengganggu per­siapan tes.

”Paling utama soal sudah harus didwonload. Jadi pada saat hari H tes UTBK tidak terjadi masalah,” kata mantan rektor Universitas Dipone­goro (Undip) itu.

Dia menyampaikan semua peserta UTBK yang mendaf­tar akan mendapatkan kursi di lokasi ujian yang mereka masing-masing pilih. Pemerin­tah menjamin semua pemu­da memiliki kesempatan yang sama dalam masuk ke pergu­ruan tinggi negeri.

”Kapasitas kursi 30 ribu su­dah tersedia untuk dua gelom­bang. Jumlah peserta 16.479 sejauh ini untuk gelombang pertama,” kata Nasir.

Adapun saat ini, pendaftaran UTBK seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) gelombang I ma­sih berlangsung hingga 24 Maret mendatang. Berikutnya, pendaftaran Gelombang ke­dua digelar pada 25 Maret-1 April 2019.

Sementara untuk pelaks­anaan tes, peserta pendaftar gelombang pertama dan gelombang kedua akan diga­bungkan pada 13 April-4 Mei 2019 pada setiap lokasi lokal UTBK di setiap provinsi.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, pihaknya sudah melakukan tahapan yang ter­struktur agar UTBK berjalan lancar dan aman. Dia juga menjamin internet tidak akan eror saat digunakan menginstal aplikasi dan mengunduh soal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan