Masuki Masa Pensiun, Asep Ilyas Jabat Plt Kadisdukcapil

NGAMPARAH– Posisi jaba­tan Kepala Dinas Kependu­dukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB), mulai Jumat, (1/11) diisi oleh Pelaks­ana Tugas (Plt) Asep Ilyas. Saat ini, Asep Ilyas juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepe­gawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK­PSDM) KBB. Sebelumnya, jabatan tersebut diisi oleh Wahyu Diguna yang masuk masa pensiun, sejak Kamis (31/10).

Pada hari pertama masuk Kantor Disdukcasip, Asep Ilyas langsung mulai bekerja dengan memeriksa berbagai berkas yang ada di mejanya.

“Kalau lihat dari proses pengisian pejabat definitif (Kadisdukcapil), saya jadi plt di sini, kurang lebih satu bu­lan, jadi sekarang saya coba bekerja dengan cepat agar segala program dan layanan kepada masyarakat tetap ber­jalan dengan optimal,” ujar Asep.

Menurutnya, untuk jabatan Kepala Disdukcapil berbeda dengan jabatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Karena pengajuannya harus mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Ne­geri (Kemendagri) sesuai dengan Permendagri Nomor 119 tahun 2017 tentang Peng­angkatan dan Pemberhentian Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Untuk mekanisme jabatan Kepala Disdukcapil sambung Asep, diawali dari pengumu­man tiga nama hasil Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan atau Open Bidding. Kemu­dian ketiga nama tersebut diusulkan oleh bupati ke gu­bernur untuk mendapatkan rekomendasi. Untuk mengelu­arkan rekomendasi tersebut, gubernur diberikan waktu selama tujuh hari.

Setelah itu, diajukan ke Ke­mendagri dengan proses se­lama 14 hari untuk menda­patkan Surat Keputusan (SK) menteri.

“Jadi proses untuk pengang­katan Kadisdukcapil itu, mu­lai diajukan Pak Bupati sam­pai turun SK-nya, kurang lebih selama satu bulan lamanya,” jelas Asep.

Untuk perubahan barokade tandatangan Kadisdukcapil pada beberapa akta kepen­dudukan, kata Asep tinggal menunggu persetujuan Ke­mendagri. Menurutnya, hal itu sudah diajukan juga. “In­formasinya sudah diajukan. Dan tinggal menunggu pe­rubahannya. Mudah-muda­han hari ini juga perubahan­nya sudah terkoneksi,” tan­dasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan