Markkanen Cetak Quattrick, PSM Gulung Perseru 9-0

MAKKASAR – PSM Makassar tunjukkan keseriusan mereka di Piala Indonesia. Perseru Serui yang bertamu ke kandang mereka, Stadion Mattoanging Makassar, jadi bulan-bulanan, Sabtu (16/2). Tak tanggung-tanggung, gawang Perseru dibobol 9 kali tanpa balas.

Sejak peluit babak pertama baru ditiup wasit, tuan rumah langsung tampil menekan. M Rahmat menyisir dari sisi kanan pertahanan lawan umpan lambung ke Zulham di tengah diblok penjaga gawang Hendra Mole.

Namun, PSM tak perlu menunggu lama untuk mencetak gol. Gol perdana tuan rumah menit ke-9 berawal dari tendangan bebas Marc Klok dari luar kotak penalti.

Bola sempat diblok oleh Hendra namun Eero Markkanen yang lepas dari kawalan pemain belakang Perseru memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggetarkan jala gawang lawan. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara PSM.

Cendrawasih Jingga mencoba bangkit. Menit ke-20 tendangan Mesak Sarfan dari depan kota penalti tuan rumah nyaris menyamakan keunggulan. Beruntung, Rivky Mokodompit dengan sigap menepis bola keluar dari area terlarang.

Menit 24 tuan rumah kembali menambah keunggulan. Kembali, Markkanen menjadi pencetak gol bagi PSM. Pemain jangkung itu berhasil memanfaatkan umpan M Rahmat dari luar kotak penalti dengan sundulan kepalanya.

Menit 31, giliran Zulham Zamrun yang mencatatkan namanya di papan skor. Umpan mendatar dari Klok dimanfaatkan dengan baik. Hanya berselang dua menit, Zulham kembali menciptakan gol. Klok lagi-lagi menjadi aktor di balik gol eks Persib Bandung itu.

Menit ke-36 Markkanen sukses menciptakan gol ketiganya. Kali ini umpan Zulham yang dimanfaatkan dengan baik. Ini menjadi hattrick pertama Markkanen bagi Juku Eja.

Tak lama kemudian, Zulham menyusul menciptakan hattrick setelah menerima umpan matang dari Klok. Di masa tambahan waktu babak pertama, Markkanen menciptakan gol keempatnya setelah memanfaatkan umpan sodoran M Rahmat. Keunggulan 7-0 PSM untuk Perseru pun menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Wiljan Pluim dan kawan-kawan sedikit mengendorkan serangan. Membuat tim tamu melalui penyerang asingnya, Silvio Escobar sempat mendapatkan kesempatan emas pada menit 65. Sayang tendangannya dimentahkan Rivky Mokodompit.

Tuan rumah melakukan pergantian pemain menit 67. Markkanen ditarik digantikan penyerang senior, Ferdinand Sinaga. Menyusul M Rahmat ditarik keluar digantikan Bayu Gatra menit ke 72. Perombakan yang dilakukan tuan rumah membuahkan hasil maksimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan