Lomba Makanan Non Beras, Dorong Kreativitas Ibu PKK

NGAMPRAH– Puluhan ragam menu makanan non beras hasil kreasi ibu-ibu Pember­dayaan Kesejahteraan Kelu­arga (PKK) dari 16 Kecamatan, ikut serta dalam kompetisi Lomba Makanan Non Beras tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ketua Tim Penggerak PKK KBB, Yuyun Yuningsih men­gatakan, lomba tersebut ber­tujuan untuk mendorong ibu-ibu PKK menunjukkan kreativitasnya dalam mengo­lah menu makanan di luar bahan baku beras.

“Kreasi menu yang ditam­pilkan ibu-ibu PKK dari setiap kecamatan, berbeda-beda. Peserta mampu menampilkan sajian yang unik dan meng­gugah selera. Itu menandakan kemampuan mereka dalam memasak dan mengolah ba­han mentah di luar beras patut diacungi jempol,” ujar Yuyun di Ngamprah, Jumat (1/11).

Yuyun mengatakan, olahan makanan berbahan dasar umbi-umbian, seperti sing­kong, ubi jalan, dan lain-lain. Bahan dasar makanan itu mudah didapat dan banyak terdapat di lingkungan sekitar.

Sehingga, lanjut dia, po­tensi hasil pertanian lokal bisa dimanfaatkan. Lalu ada juga menu berbagai ikan, se­perti patin, mas, dan gurame. Tidak ketinggalan juga sajian puding dan buah-buahan.

“Ini semua dinilai oleh tim juri dari PKK dan Dinas Kese­hatan. Dari mulai penampi­lannya yang menarik, rasa enak, dan unik. Juaranya akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan otomatis menjadi wakil Bandung Barat ke tingkat provinsi untuk lomba yang sama,” terangnya.

Yuyun melihat animo pe­serta sangat tinggi. Bahkan ada beberapa kecamatan yang membuat tidak hanya satu menu, tapi beberapa sajian sekaligus. Hal tersebut dini­lainya sebagai bukti kreatifi­tasnya ibu-ibu PKK.

“Saya sempat menyicipi dan rasanya enak-enak. Semoga ini jadi perangsang ibu-ibu untuk kreatif dan produktif, sehingga bisa menjadi se­buah usaha untuk menambah penghasilan keluarga,” pung­kasnya. (drx)

Tinggalkan Balasan