Lima Provinsi Sudah Selesai

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menyelesaikan proses rekapitulasi pada lima provinsi di Indonesia yakni Gorontalo, Bali, Bangka Be­litung, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Sedangkan untuk provinsi yang lain masih dilakukan proses hitung manual pada tingkatan di masing-masing wilayah.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menjelaskan proses rekapitulasi dalam negeri tingkat nasional akan dilaku­kan dalam dua panel.

“Besok (hari ini-red) Insyal­lah kita mulai. Semoga saja hari ini ada (provinsi) yang selesai,” kata Ilham di Jakarta, Kamis (9/5).

Dalam rekapitulasi tingkat nasional, lanjut Ilham men­jelaskan pelaksanaannya harus dihadiri juga oleh KPU Provinsi.

“Kemarin, KPU masih mela­kukan rekapitulasi peng­hitungan suara luar negeri. Sehingga ke depan baru kami tuntaskan dalam negeri,” pungkasnya.

Menggangu

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan me­nilai aksi demonstrasi Ga­bungan Elemen Rakyat untuk Keadilan dan Kebenaran (Gerak), menganggu kinerja jajaran lembaga penyeleng­gara pemilu itu.

Sebab, KPU pada saat yang sama tengah menyelesaikan proses rekapitulasi suara ting­kat nasional untuk pemilihan luar negeri.

“Tidak mengganggu sih, tetapi sangat mengganggu. Sekarang bayangkan, ya, kami berbicara begitu, kami juga mendengarkan, tetapi yang di luar (demonstrasi) juga ngomong,” kata Wahyu.

Wahyu mengharapkan Gerak dalam aksinya dapat menghargai KPU.”Kebebasan mereka mengganggu kami. Kan seperti lo menyetel radio terlalu kenceng. Ya memang radio lo, tetapi kan gue (merasa) berisik,” tan­dasnya. (khf/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan