Lebih Baik Pemekaran Desa Dari Pada DOB

Jika di Jawa Barat ada 10.871 desa, dia menyebutkan akan ada beberapa manfaat, yakni luasan wilayah yang dibangun makin sempit, pemanfaatan dana desa lebih banyak dan pelayanan kepada masyarakat semakin cepat. “Ini akan lebih menguntungkan untuk pembangunan,” sebutnya.

Secara teknis, Pemekaran desa tidak melulu dari satu desa dibagi menjadi dua, tapi bisa saja dua desa digabung kemudian dimekarkan menjadi tiga desa atau empat desa digabung menjadi enam desa. “Kita bisa melihat situasi dan kondisinya, karena ada satu kampung milik desa tapi wilayahnya diantara desa B dan C,” terang Dedi.

Terkait wacana ini, ternyata DPMPD Provinsi Jawa Barat sudah berkoordinasi dengan Bappeda Provinsi Jawa Barat untuk persiapan melakukan kajian awal. Bahkan, Dedi juga menyatakan sudah menyampaikan kepada DPMD Kabupaten/Kota. “Nanti, dipertengahan bulan September ini akan kita sampaikan lagi dalam forum tersebut dan sepertinya akan banyak kabupaten/kota yang sependapat,” ucapnya.

Saat disinggung mengenai perbandingan mengenai pemekaran desa, pemekaran kabupaten/kota dan pemekaran provinsi, Dedi menegaskan bahwa lebih ideal pemekaran desa dari pada pemekaran provinsi. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan