Laporkan Capaian Program Kesehatan

BANDUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menggelar Apel upacara sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional yang Ke 55 tahun. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat, tema yang diangkat adalah ‘Generasi Sehat Indonesia Unggul’, upacara apel tersebut menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus diberikan untuk kesehatan dan kesejahteraan.

“Merenung kembali upaya-upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagimana tujuan pembangunan kesehatan yang kita harapkan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr Berli Hamdani Gelung Sakti, saat Apel Upacara Hari Kesehatan Nasional, di Gasibu, Kota Bandung, Selasa (12/11).

dr Berli mengatakan, bahwa selama tahun 2019 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan berbagai program dan mendapatkan penghargaan dari tinggat Nasional.

“Alhamdulillah Dinkes Jabar mendapat penghargaan tinggal Nasional. Seperti Pastika Parahita pada puncak peringatan hari tanpa tembakau sedunia dan penghargaan Implementasi Gerakan Hidup Sehat (Germas) dengan katagori aktifitas fisik terbaik,” katanya.

Pada hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun, pihaknya melaporkan tentang fasilitas kesehatan yang sudah terakreditasi.

“Fasilitas kesehatan yang sudah terakreditasi seperti Paripurna 17, Utama 129, Madya 553, dan Dasar 187. Sedangkan Klinik, Paripurna 6, Utama 4 dan Madya 1, untuk laboratorium kesehatan status akreditasi penuh ada 4 Labkes,” katanya.

Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasioanal, pihaknya mengatakan akan melaksanakan berbagai kegiatan di tingkat Provinsi Jawa Barat yang bekerjasama dengan berbagai RS Pemerintahan, RS Vertikal, RS Swasta, BUMN yang ada dikota Bandung, dan dinas-dinas kesehatan di Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

“Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun akan dilaksanakan pada 7 Desember 2019 nanti, di Halaman Gedung Sate dengan kegiatan senam massal, talkshow bersama, pameran pelayanan kesehatan promotif preventif gratis bagi masyarakat umum, bazar sayur dan buah serta diramaikan dengan perlombaan, seminar dan pengabdian kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terewan Agus Putranto mengatakan dalam amanat yang dibacakan Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bahwa Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan