Kursi Roda

DI antara yang mengharukan-mengharukan itu, inilah yang paling menitikkan air mata: saat mantan istri pertama sang raja datang ke istana. Tidak mampu lagi berjalan. Dia berada di atas kursi roda.

Raja Rama X memang mengundang mantan isterinya itu. Isteri pertamanya: Soamsavali. Untuk menghadiri rangkaian acara penobatan sang raja. Tepatnya di hari terakhir perayaan tiga hari itu: hari Minggu siang.

Hari itu hampir semua keluarga kerajaan diundang. Untuk menerima penghargaan. Juga gelar. Maka tampak hadir dua adik perempuan raja. Untuk menerima gelar kehormatan setingkat raja.

Salah satu adiknya itu, Sir­indorn, sempat mendapat gelar Princess. Sirindorn lah yang akan naik tahta menjadi raja (ratu) Thailand. Kalau, misalnya, pangeran Vajilar­ongkorn tiba-tiba meninggal.

Tapi gelar Princess itu oto­matis sudah dicabut. Ketika ternyata Prince Vajilarongkorn punya anak pertama. Dari hasil perkawinannya dengan Soamsavali Kitiyakara. Itulah cucu pertama raja Bumibhol Adulyadai. Dari anak perta­manya: Vajiralongkorn.

Anak itu, cucu itu, perem­puan. Namanya: Bajrakiti­yabha. Panggilan sehari-harinya: putri Pa. Yang ketika sekolah di Inggris panggilan itu menjadi putri Patty.

Kelak, ketika Patty sudah dewasa, diangkat menjadi Princess. Dengan nama pan­jang: Princess Bajrakitiyabha Narendhira Debayavadi.

Dengan demikian Thailand akan dipimpin Raja wanita. Suatu saat nanti. Ketika Raja Rama X meninggal dunia.

Kini putri Patty sudah be­rumur 40 tahun. Sekolah menengahnya di Inggris. Tapi sarjana hukumnya dari universitas di Bangkok. Sedang magister hukumnya diperoleh dari universitas terkemuka, Cornell University, di Ameri­ka Serikat.

Penugasan pertama putri Patty adalah di kantor kejaksaan Agung. Magang di situ. Lalu diangkat menjadi magang dip­lomat Thailand di PBB. Pada saat Yinluk Shinawarta menjadi perdana menteri putri Patty diangkat menjadi duta besar Thailand untuk Austria.

Belakangan putri Patty mendapat gelar doktor ho­noris causa bidang hukum. Yakni dari Chicago-Kent Col­lage of Law. Salah satu yang tertua di negara bagian Illinoi

Jabatan putri Patty sekarang adalah kepala kejaksaan tinggi. Di propinsi Udon Thani. Satu kawasan paling timur laut. Yang berbatasan dengan Laos. Yang saya kunjungi dua bulan lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan