Kunjungi Kodim, Bawaslu Kuatkan Sinergitas Pengamanan Pilkada

SOREANG – Komando Distrik Militer (KODIM) 0609/Kabupaten Bandung mendapati kunjungan dari Pimpinan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung, selain dalam rangka menyambut Dirgahayu ke-74 TNI, kunjungan ini pun bertujuan untuk memperkuat sinergitas antara Bawaslu Kabupaten Bandung dan TNI dalam pengamanan menjelang Pilkada 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Januar Solehudin mengungkapkan, kedatangan Bawaslu Kabupaten Bandung bertujuan untuk menjalin koordinasi menjelang Pilkada 2020 di Kabupaten Bandung. Terutama mengingat peran TNI juga diperlukan dalam pengamanan dan ketertiban di masyarakat.

”Kedatangan kami (Bawaslu Kab. Bandung) ke Kodim 0609/Kabupaten Bandung merupakan bentuk silaturahmi dan koordinasi dalam memperkuat sinergitas menjelang Pilkada di Kabupaten Bandung pada tahun 2020 nanti,”kata Januar saat ditemui di Kantor Bawaslu Kabupaten Bandung di Soreang, Senin (7/10).

Januar mengatakan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia pada pasal 7 ayat (2) huruf b angka 10 yang menyatakan bahwa TNI membantu kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka pengamanan dan ketertiban di masyarakat. Hal tersebut menjadi acuan terutama dalam Pilkada 2020 nanti, karena peran aktif TNI dalam mengawal keberlangsungan Pilkada yang aman dan damai sangat dibutuhkan.

”Selain itu juga, menjelang Pilkada 2020 nanti mengingat tugas TNI adalah menjaga keamanan dan ketertiban di Masyarakat sehingga relevan terkait dengan larangan TNI yang tidak boleh masuk dalam kancah politik praktis yang secara jelas diatur dalam Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, sehingga integritas TNI dapat dipercaya secara penuh,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi Januar menjelaskan, dalam rangka silaturahmi dan koordinasi dalam memperkuat sinergitas dalam menjelang pilkada nanti, Bawaslu Kab. Bandung juga sekaligus mengucapkan selamat Dirgahayu ke-74 bagi TNI, dimana pada tanggal 05 Oktober 2019 besok hari TNI genap berusia 74 tahun.

”Dalam kunjugan ini Kami Bawaslu Kabupaten Bandung mengucapkan selamat Dirgahayu yang ke-74 bagi TNI, semoga TNI semakin profesional dan tetap menjadi kebangaan rakyat Indonesia,” pungkasnya.(yul/rus)

FOTO BERSAMA : Unsur Pimpinan Bawaslu Kabupaten Bandung foto bersama dengan Jajaran Kodim 0609 Kabupaten Bandung disela-sela kunjungan kerja dalam rangka memperkuat sinergitas jelang pilkada 2020.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan