Kumpulkan Cat untuk Tata Lingkungan

BANDUNG – Cara unik yang dilakukan Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal adalah meminta warganya dengan sukarela untuk memberikan cat tembok.

Luruh Gumuruh Lurang Safarini mengatakan, ide inovasi ini didapat dari para staf yang biasa berkumpul ketika rapat untuk mencari ide dan gagasan.

Menurutnya, cat tembuk diberikan warga secara sukarela ketika mengurus izin domisili. Tujuan mengumpulkan cat ini dimaksudkan untuk memperbaiki lingkungan dan rumah warga di setiap RW kelurahan Gumuruh.

’’Program Wali Kota dalam mencanangkan kampung warna sehingga kami tidak menggunakan dana APBD tetapi partisipasi warga yang cinta kepada tempat tinggalnya,”kata dia ketika ditemui belum lama ini.

Selain itu, penataan kantor di kelurahan umuruh dengan konsep ramah lingkungan di antaranya kawasan bebas asap rokok, pemanfaatan lahan apotik hidup, pembuatan kompos, tim gober dan siskamling, penyediaan pojok baca, pojok mainan, ornamen akrilik, dan pembuatan mini kebun binatang kecil seperti ikan, kura-kura dan ayam kalkun.

“Tata lingkungan ini juga sebagai menjalankan program Wali Kota Bandung, melalui perbaikan jalan lingkungan, perbaikan rumah kumuh, dan penyediaan ipal komunal,” tambahnya

Selain itu, di bidang kesehatan, pihaknya selalu menekankan kepada jajaran dengan dibantu pengurus PKK untuk selalu turun ke warga. Terutama, dalam penanggulangan penyebaran penyakit Demam Berdarah.

“Dalam pemberantasan DBD, kami ada kegiatan serbu P3PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Setiap satu minggu kami menyerbu satu RW bersama dengan kader Jumantik, Posyandu, PKK, Posmindo, Linmas, dan Gober untuk menyerbu rumah-rumah di RW tersebut memberantas sarang nyamuk” tuturnya

Nurma menambahkan, inovasi lainnya yang tak kalah unik adalah adanya keharusan warga untuk bersedekah di hari jumat.
Program ini dimotori oleh kader PKK untuk berbagi kepada kaum dhuafa.

’’Alhamdulillaah berkat sinergitas semua pihak kelurahan kami selalu mendapatkan juara di tingkat kecamatan” pingkasnya. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan