Kualitas Pendidikan Jadi Tugas Bersama

BANDUNG – Peningkatan kualitas pendidikan men­jadi tugas semua elemen bidang pendidikan. Teru­tama internalisasi serta sarana dan prasana dalam dunia pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika da­lam Rapat Koordinasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidi­kan (SPMP) Tahun 2019 Ho­tel Holiday Inn, Jalan Pasteur, baru-baru ini.

Dilansir pada laman resmi disdik Jabar, Dewi menyebut­kan, berdasarkan data yang ada, Indonesia masih kalah dengan negara-negara di Asia Tenggara di segi pen­didikan. Menurutnya, salah satu peningkatan mutu pen­didikan bisa dilakukan dengan peningkatan serti­fikasi guru, kemudian tan­tang-tantangan lainnya. Dalam meningkatkan masa depan tersebut merupakan tugas utama para pendidik. Tidak hanya memberika ilmu pengetahuan dari mata pelajaran melainkan juga mendidik setiap karak­ter anak bangsa

”Dikarenakan masa depan negara ini berasal dari pe­muda-pemudi Indonesia, sedangkan masa depan anak-anak kita tergantung pada kebiasaan sehari-harinya,” sebut Dewi.

Dewi mengatakan, pening­katan mutu pendidikan di Jawa Barat merupakan pro­gram utama yang harus diwujudkan oleh Disdik. Terlebih, melihat situasi pendidikan tingkat men­engah yang ada di Jabar sangat memerlukan, pening­katan kualitas, tata kelola, strategi, potensi, efektifitas dan efisiensi pelayanan pendidikan.

”Jawa Barat memerlukan peningkatan mutu untuk mengahadapi era digitali­sasi 4.0. Guru berperan penting dalam hal ini se­perti mememperhatikan anak-anak yang harus me­nempuh pendidikan tingkat lanjut serta mengembang­kan kemandirian dari anak-anak SLB dan pendidikan inklusif,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kementerian Pen­didikan dan Kebudaya­an Gusmayadi Murhatman­syah, mengatakan kegiatan SPMP Tahun 2019 yang berlangsung dari 4- 6 Ja­nuari 2019 ini turut berpe­ran dalam memastikan program-program yang akan berjalan nanti. Sesuai dengan program Kemendikbud, semua sekolah harus mela­kukan upaya penjaminan mutu dimulai dari internal.

”Untuk itu, kita harus ber­koordinasi di setiap daerah dalam menyusun program dan kegiatan untuk menca­pai penjaminan mutu se­perti pengawalan supervisi untuk mengaplikasikan se­mua visi dari setiap sekolah agar bisa mencapai kesa­tuan,” terang Gusmayadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan