Koridor Lima PKL Cicadas Ditargetkan Tuntas Pekan Depan

BANDUNG– Sebanyak 24 tenda bakal bertambah di kawasan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Cicadas. Kali ini, tenda akan terpasang di koridor 5 yaitu antara Jalan Haji Syahroni dan Cikutra.

Dari 24 tenda tersebut, seba­nyak 12 tenda (1 tenda untuk 2 PKL) bakal dipasang di sisi de­kat jalan. Sedangkan 12 tenda (1 tenda untuk 1 PKL) lainnya di pinggir toko. Sehingga jumlah pedagang yang bakal tertampung sebanyak 36 PKL.

Rencananya, penataan di koridor 5 ini akan tuntas pekan depan. Sebelumnya 10 kios untuk 20 PKL.

“(Perkembangan) Koridor 5 ini tinggal 40 persen lagi. Jadi mungkin di minggu depan sudah selesai semua,” ucap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Men­engah (KUKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman di Balai Kota Bandung, Jalan Wastu­kancana, Kamis (29/8).

Setelah penataan awal di­resmikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulayana beberapa waktu lalu, Atet menyatakan pemasangan tenda di koridor 5 ini kembali ditambah se­banyak 24 tenda. Pemasangan tenda baru tersebut akan dilaksanakan pada Kamis (29/8/2019) malam.

Atet memaparkan, per­kembangan pesat proses penataan PKL Cicadas ini tidak terlepas kerja sama Di­nas Pekerjaan Umum yang memperbaiki bagian trotoar. Serta kesigapan Dinas Keba­karan dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) untuk membersihkan trotoar sebe­lum dipasang tenda baru.

“Tempat yang sudah bersih kita pasang 12 tenda di ping­gir jalan dan 12 tenda yang pinggir toko karena bentuk dan ukurannya berbeda. Ren­cana pemasangannya tadi malam (Rabu, 28 Agustus) tapi karena trotoar terlalu lama digunakan PKL, jadi harus ada perbaikan oleh Dinas PU,” jelasnya.

Seperti halnya ketika pem­bongkaran pertama lalu, Atet mengatakan kali ini para pe­dagang juga kembali mener­tibkan lapak dagangannya sendiri. Bahkan ketika tim Satuan Tugas Khusus (Sat­gasus) PKL tiba, proses pem­bongkaran telah selesai.

Atet mengungkapkan, hal ini membuktikan para peda­gang sudah semakin terbuka untuk bisa bekerja sama dengan pemerintah memaju­kan Kota Bandung. Sehingga proses penataan PKL Cicadas bisa berjalan dengan lancar.

“Kemarin juga sama sekali tanpa bantuan kita untuk membongkar. Jadi saat kami ke Cicadas, bongkarannya sudah ada di pinggir jalan. PD Kebersihan tinggal mengangkut bongkaran. Ke­mudian malam harinya di­bersihkan Dinas Kebakaran. Esoknya, Dinas PU langsung merenovasi trotoar,” ungkap­nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan