Komponen Sayap Ducati Masih jadi Sorotan

JAKARTA– Desakan dan protes yang dilakukan para rival Ducati terhadap pemakaian sayap (winglet) di bagian belakang motor akhrinya membuahkan hasil. FIM meninjau kembali hal tersebut. Seperti diketahui, inovasi yang diciptakan Ducati pada motornya membuat sebagian tim merasa mereka telah melanggar peraturan MotoGP. Mereka mempertanyakan legalitas sayap yang menempel di ban belakang.

Ducati sendiri sudah berdalih bahwa sayap tersebut hanya berfungsi untuk menjaga suhu permukaan ban. Namun, tim rival masih belum mempercayai hal tersebut.

Mereka tetap menilai sayap tersebut merupakan komponen ilegal. Sebab bagian tersebut memberikan efek bantuan aerodinamis terhadap motor Ducati.

Awalnya komponen tersebut dianggap sah oleh FIM. Namun, protes dari rival tampaknya berhasil mendesak FIM untuk meneliti ulang komponen itu. Alhasil untuk meredakan gejolak yang ada, FIM akhirnya kembali meninjau.

Bahkan, FIM meminta bos Ducati, Gigi Dall’Igna untuk mengungkapkan data yang dimilikinya. Nantinya data tersebut akan diteliti dalam rapat internal dan keputusan final akan diumumkan minggu depan.

Terkait hal itu, Ducati akan menghadapi tiga kemungkinan yang akan diterima dari hasil rapat yang dilakukan oleh FIM. Kemungkinan pertama adalah komponen tersebut legal dan Ducati diperbolehkan untuk menggunakannya.

Kemungkinan kedua, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso akan didiskualifikasi dari kemenangan seri perdana MotoGP 2019. Demikian juga dengan Daniel Petrucci yang menempati posisi keenam.

Dan, kemungkinan terakhir, komponen tersebut akan dilarang, tetapi kedua pembalapnya tidak akan didiskualifikasi, mengingat rival-rival Ducati hanya mempermasalahkan penggunaan komponen tersebut. (jpc/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan