KNPI Jabar Gandeng OKP Benahi Citarum

BANDUNG – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat bersama Karang Taruna Kabupaten Bandung dan Pemerintah Desa Neglasari akan ikutserta dalam membenahi Sungai Citarum.

KNPI Jabar juga menginisiasi Desa Berkedaulatan sektor empat lokasi penataan Citarum sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan Hajat Lembur. Hal ini seiring dengan akan digelarnya peringatan Hajat Lembur Desa Neglasari. Acara tersebut akan dilaksanakan pada 29-30 Juni mendatang, sekaligus memperingati ulang tahun ke-37 Desa Neglasari.

Gelaraan acaran tersebut tentunya akan dikemas semenarik mungkin. Akan banyak penampilan kesenian, kreasi-kreasi, kuliner dan gambaran aktivitas sehari-sehari dari masyarakat setempat yang dinamai pasar Tongkek.

Selain itu, Pengarah Tim Pancer DAS Citarum KNPI Jabar, Teguh Ari Prianto mengatakan, kegiatan yang berkolaborasi dengan pemerintah setempat dan organisasi kepemudaan tersebut merupakan sebuah turunan dari pemikiran desa kedaulatan pangan.

“Intinya kegiatan ini turunan dari pemikiran besar bahwa Desa Neglasari dalam beberapa tahun terakhir sudah dicanangkan sebagai desa berkedaulatan pangan berbasis DAS,” katanya di Gedung KNPI Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu (15/6/).

Dia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan kajian bersama Karang Taruna, serta beberapa Perguruan Tinggi di Kota Bandung terkait sungai yang harus dijaga dan diperhatikan. Hal tersebut agar masyarakat ikutserta dalam menjaga sungai menjadi sebuah peradaban dan tidak musnah.

“Mulai dari hal itu, kita akan membangun kesadaran bersama, karena sungai sangat memberikan manfaat, namun timbal baliknya malah mencemari sungai itu sendiri, contohnya Sungai Citarum ini,” tambahnya

Teguh menjelaskan, masyarakat perlu diajak kembali terkait rasa tanggung jawab dalam penataan Citarum. Untuk itu, KNPI bersama pihak terkait bekerjasama dalam pelatihan-pelatihan mencakup kegiatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan pengenalan aparatur desa dengan perangkat digital untuk mempermudah pelayaan kepada masyarakat.

“Dari tahun 2017 kita (KNPI), OKP dan perguruan tinggi Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan pelatihan agar SDM berkembang. Untuk mencapai itu harus ada item yang terpenuhi, seperti pemenuhan perangkat pelayanan berbasis IT,” jelasnya.

Di tempat sama, Ketua DPD KNPI Jabar, Rio F Wilantara menambahkan, keterlibatan DPD KNPI merupakan sebuah komitmen dalam bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membersihkan Sungai Citarum. Menurutnya, pemuda saat ini harus proaktif dalam penyelamatan sungai terpanjang di Jawa Barat ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan