Klaim Loloskan Caleg Jabar ke Senayan

Menurutnya, Demokrat di beberapa dapil cukup domi­nan. Di antaranya Dapil 2 Kabupaten Bandung-Bandung Barat, Dapil 7 Bekasi-Kara­wang-Purwakarta, Dapil 3 Kabupaten Cianjur-Kota Bo­gor dan Dapil 9 Subang-Ma­jalengka-Sumedang.

”Wilayah-wilayah tadi yang menjadi lumbung suara De­mokrat di Jabar,” ujarnya.

Menyoal caleg perempuan, Irfan mengaku diperkirakan akan ada tiga kadernya yang menempati kursi DPR RI.

”Bisa jadi dua atau tiga caleg perempuan lolos,” tutur Ir­fan.

Sementara itu, Partai De­mokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi akan men­jadi salah satu partai di Jabar yang akan menyumbang pa­ling banyak kadernya untuk menduduk kursi DPR RI.

’’20 kadernya di Jabar lolos ke DPR RI. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pe­milihan legislatif (Pileg) 2014 yang hanya 18 kursi,” kata Sekretari PDI-P Jabar, Abdy Yuhana.

Dia mengatakan, berdasar­kan real count sementara KPU. Quick count berbagai lem­baga survei juga menunjukkan keunggulan PDI-P. Sehingga diprediksi sekitar 18 – 20 orang yang lolos ke Senayan.

’’2014 kan 18 orang tuh, se­karang ada peningkatan 2 orang,” kata Abdy.

Menurutnya perolehan suara partai berlambang ban­teng moncong putih di Jabar cukup merata. Hampir seba­gian besar dapil di Jabar, kader-kader PDI-P bisa men­dulang suara signifikan. Di antaranya Dapil 1 Bandung-Cimahi, Dapil 6 Depok-Be­kasi, Dapil 7 Bekasi-Karawang-Purwakarta, Dapil 8 Indra­mayu-Cirebon, Dapil 9 Subang-Majalengka-Sumedang, dan Dapil 10 Banjar-Ciamis-Pang­andaran.

”Artinya hampir merata kita bisa menguasai perolehan suara,” ungkap Caleg PDI-P tersebut.

Meski pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin kalah berdasar­kan quick count, nyatanya tidak mempengaruhi domi­nasi PDI-P di Jabar. PDIP te­tap unggul.

”Jabar masih kuat dengan hasil sementara perhitungan posisi seperti itu (unggul),” tutup Abdy. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan