Ketepatan Pembinaan Usia Muda Milik PSSI Melalui Kompetisi

JAKARTA – Legenda sepak bola Inggris Dennis Wise menilai langkah PSSI melakukan pembinaan usia muda lewat kompetisi Elite Pro Academy  sudah tepat. Dennis menuturkan kompetisi atau liga sangat penting bagi pemain usia muda.

”Mereka bisa mendapatkan elemen yang ada pada kompetisi dan penting juga mereka mempelajari hal ini sejak dini,” kata Dennis di sela-sela pertandingan final Elite Pro Academy di Stadion Sultan Agung Bantul Yogyakarta, Minggu (6/10).

Pasalnya, kompetisi atau liga bisa memunculkan banyak pemain berbakat. Terlebih Indonesia merupakan negara besar yang tentunya ada banyak pemain muda berkualitas di luar sana.

Dengan munculnya banyak pemain berbakat, Indonesia memiliki banyak pilihan untuk diseleksi dan bisa menemukan pemain yang selama ini dicari. Karena itulah, Dennis optimistis dengan masa depan sepak bola Indonesia.

”Kalian sudah memulai sesuatu yang memang harus dimulai. Ini adalah hal permulaan yang sangat baik kalau mau sukses . Dan kalian tahu kalian mau terus maju dan lanjutin training ini,” kata Dennis.

Seperti diketahui, PSSI sejak 2018 telah menggelar kompetisi usia muda secara reguler dan berskala nasional bernama Elite Pro Academy (EPA).

Kompetisi EPA memiliki jenjang usia U-16, U-18, dan U-20. Pemain-pemain terbaik dan terpilih dari EPA ini nantinya akan diikuti ke program pembinaan usia muda milik PSSI lainnya yaitu Garuda Select.

Garuda Select merupakan program pembinaan milik PSSI dimana 24-27 pemain dikirim ke Inggris untuk berlatih dan bertanding uji coba melawan klub-klub di Inggris. Para pemain ini akan mendapatkan pelatihan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan. Program Garuda Select sudah berjalan selama satu tahun.

Pemain-pemain lulusan Garuda Select ini diproyeksikan akan mengisi skuad timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 pada 2021.(chi/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan