Kementan Berangkatkan 54 Petani Muda ke Taiwan

NGAMPRAH– Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang. Untuk mewujudkan target tersebut, sebanyak 54 petani muda dari berbagai daerah dikirim untuk belajar pertanian ke Taiwan.

Para pemuda milenial yang berkisar usia antara 21-36 tahun ini akan mendalami bidang pertanian selama 1-2 tahun di Taiwan, karena negara tersebut dianggap lebih maju. Sepulang dari Taiwan, mereka diharapkan bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya untuk kemajuan pertanian di daerahnya masing-masing.

“Ke Taiwan untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan dan pengalaman bagaimana bertani yang baik. Bukan hanya memelihara atau memproduksi pertanian, tapi juga bagaimana mengemas hingga menjual produk dengan baik,” ujar Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Dedi Nursamsi di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Jumat (13/9).

Dedi mengatakan, saat ini Indonesia hanya bisa mengeksport tenaga manusia terlatih untuk menimba ilmu pertanian. Namun, pada saatnya nanti Indonesia juga harus bisa mengeksport segala hasil pertanian yang dihasilkan petani dalam negeri.

“Pada saatnya nanti, tahun 2045, kita tidak hanya menyediakan pangan untuk bangsa sendiri, tapi harus mampu menjual, mengekspor produk pertanian kita ke luar negeri,” harapnya.

Menurutnya, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan sudah lebih maju dalam mengolah pertanian. Bahkan, kata Dedi, salah seorang lulusan yang telah magang di Jepang berhasil menanam sayuran di dataran rendah, mengeksport sampai memasarkan komoditas pertaniannya sendiri.

“Maka dari itu, kami inginkan para pemuda yang berangkat ke Taiwan bisa menyerap ilmu, bagaimana mengelola pertanian dari hulu sampai hilir. Dengan harapan memakmurkan pertanian Indonesia,” ungkapnya.

Sebanyak 54 petani milenial ini akan diberangkatkan ke Taiwan pada 22 September 2019 mendatang, setelah mereka mengikuti pelatihan pertanian sejak 18 Agustus hingga 1 September di BBPP Lembang.

Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara, Bali, NTT, dan Sulawesi Tenggara. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan