Kemendikbud Resmi Buka Registrasi LTMPT

BANDUNG – Bagi siswa yang akan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020, registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah dibuka melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/. Pendaftaran telah dibuka secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senin (2/12/19) pukul 15.00 WIB.

Untuk penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2020, akan dilaksanakan melalui tiga jalur. Yaitu, SNMPTN dengan kuota minimum 20 persen dari daya tampung PTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dengan kuota 40 persen, dan Seleksi Mandiri maksimum 30 persen.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan SNMPTN 2020. Di antaranya, pemeringkatan siswa pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) dilakukan oleh sekolah serta jumlah siswa yang masuk pada pemeringkatan sesuai dengan ketentuan akreditasi sekolah.

”Sekolah dengan nilai akreditasi A sebanyak 40 persen, akreditasi B sebesar 25 persen, dan akreditasi C serta lainnya sekitar 5 persen, khusus siswa terbaik di sekolahnya,” ujar Ravik.

Ravik menjelaskan, pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung selama 1 minggu, dengan 14 sesi (dua sesi setiap harinya) dan dilaksanakan di 74 pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) PTN di Indonesia. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti sekali tes, sesuai kelompok tes yang diikuti (sains teknologi, sosial humaniora, dan campuran).

”Hasil UTBK 2020 hanya berlaku untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 dan hasilnya akan diberikan kepada peserta secara individu. Hasil UTBK 2020 ini pun dapat digunakan oleh PTN dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri 2020,” tuturnya.

Bagian terpenting yang wajib diketahui calon peserta SMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020, tambah Ravik, yaitu diterapkannya kebijakan single sign on (SSO) yang merupakan tahap awal pendaftaran, dimana siswa diwajibkan mempunyai akun LTMPT terlebih dahulu. Registrasi akun ini berlangsung mulai 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020 untuk LTMPT SNMPTN. Sedangkan registrasi akun LTMPT UTBK dan SBMPTN dibuka 7 Februari – 5 April 2020.

Untuk mengetahui informasi resmi semua tahapan seleksi, bisa diakses pada laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id atau melalui call center 0804-1450-450 dan help desk http://halo.ltmpt.ac.id/.(dsdkjbr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan