Kemenangan Kontroversial Verstappen

SPIELBERG-Aston Martin Red Bull Racing Honda membuat sensasi di Formula 1 GP Austria 2019, Minggu (30/6). Berlomba di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, sang pembalap Max Verstappen tampil sebagai juara setelah terlibat balapan yang menegangkan melawan pembalap Ferrari, Charles Leclerc. Ini merupakan kemenangan pertama Honda sejak 2006.

Leclerc yang memulai balapan dari posisi terdepan, berhasil mempertahankan posisinya hingga lap 68. Namun sayang, di lap 69, Verstappen berhasil menyalipnya. Namun, overtake yang dilakukan Verstappen sedikit berbau kontroversial karena mobil Verstappen sempat menabrak keluar Leclerc dari lintasan.

Hingga saat ini, steward balapan masih menginvestigasi kejadian tersebut. Namun, sampai berita ini dibuat, keputusan pasti dari steward belum dikeluarkan. Sementara itu, Valtteri Bottas dari Mercedes berhasil mengamankan podium terakhir dengan finis di posisi ketiga.

Start terdepan, Leclerc mampu memimpin balapan hingga putaran 10. Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Bottas, sempat berada di urutan 2 dan 3.

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menggeber mobilnya memasuki putaran 20. Vettel sukses melaju ke posisi terdepan diikuti Verstappen, sementara Leclerc turun ke urutan 3. Pit stop yang buruk membuat Vettel kehilangan posisi, begitu juga Hamilton yang mengalami 11 detik pit stop saat mengganti sayap depan.

Leclerc kembali naik ke urutan teratas di lap 35. Pada lap 48, Vettel dan Verstappen terlibat duel sengit. Pertarungan keduanya berakhir di putaran 59 dan dimenangkan Verstappen. Pembalap asal Belanda itu kemudian mulai membuntuti Leclerc di urutan pertama. Pada putaran 65, gap antara Leclerc dan Verstappen mencapai 1,9 detik, namun perlahan Verstappen terus mendekat.

Pada putaran 68, Verstappen berusaha melewati Leclerc dan akhirnya tersusul di putaran 69. Verstappen akhirnya finis terdepan dan berhak menduduki podium teratas. (wsa/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan