Keberadaan Pohon di Bahu Jalan Bahayakan Pengendara

CIMAHI – Para pengendara yang kerap melintasi Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi khawatir dengan keberadaan pohon besar yang menjorok ke jalan. Sebab, ada sejumlah pohon yang terdapat di bahu jalan dan dianggap membahayakan pengendara.

Berdasarkan pantauan, memang ada pohon yang jelas-jelas pada bahu jalan. Bahkan letaknya berada di depan trotoar dan sepintas memang sangat membahayakan pengendara.

Robi Iskandar (24) salah seorang pengendara mengatakan, keberadaan pohon tersebut jelas sangat berbahaya apalagi tepat berada di bahu jalan. Terlebih pada malam hari ketika pandangan pengendara berkurang.

”Ya ini sangat bahaya bagi pengendara motor atau mobil, lantaran posisi pohon menjulur ke jalan,” ujarnya, saat ditemui dilokasi, Jumat (4/10).

Robi pun mengetahui beberapa hari yang lalu, ada seorang siswi yang terlindas akibat dari bekas batang pohon yang menjulur ke jalan dan tergelincir. Untuk itu dia berharap agar dinas terkait untuk segera memperbaiki kondisi pohon yang sudah rawan atau posisinya yang menjulur ke jalan.

”Mungkin pemerintah berwenang harus lebih sadar, terutama yang berpotensi membahayakan pengendara dan merugikan pengendara,” katanya.

Sementara itu, Hilman Kamaludin (26), pengendara lainnya, juga meminta pihak terkait agar memperhatikan keberadaan pohon-pohon yang sekiranya membahayakan bagi pengendara. Termasuk di Jalan Mahar Martanegara.

”Kalau bisa dipangkas, ditebang juga lebih baik. Daripada nanti membahayakan,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Mochamad Ronny mengatakan, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan pihak ketiga, pohon yang dikeluhkan pengendara di Jalan Mahar Martanegara masih dianggap sehat dan tidak masuk rekomendasi untuk ditebang.

”Kecuali ada rekomendasi dari Satlantas Polres Cimahi dan Dinas Perhubungan. Apalagi alasan kuat karena membahayakan. Atas rekomendasi itu kita ambil tindakan,” kata Ronny.

Sejauh ini, kata dia, belum ada permintaan dari kedua instansi tersebut agar pohon itu ditebang. Sementara dari segi kesehatan, pohon yang berdekatan dengan area sekolah itu masih dianggap baik.

”Iya belum ada rekomendasi untuk dipotong,” ucapnya.(mg3/ziz)

Tinggalkan Balasan