Kamera Intai

Praktis semua pohon kini sudah punya mata. Semua dinding punya telinga.

Di sana budi pekerti juga ditegakkan melalui alat. Bukan lagi hanya lewat pelajaran akhlak.

Kelak tidak perlu lagi takut sandal hilang di masjid. Kalau di situ juga sudah terpasang kamera cerdas.

Dan itu bahaya!

Bahaya besar!

Setidaknya di mata Amerika. Memang. Sebenarnya bukan hanya di pengembangan 5G yang Amerika tertinggal dari Tiongkok. Pun sampai soal pengembangan teknologi kamera.

Dan itu bahaya.

Untuk dunia intelijen. Untuk keamanan nasional.

Karena itu keluarlah komando President Donald Trump: larang!

Amerika dilarang membeli kamera Tiongkok. Perusahaan Amerika dilarang bekerjasama dengan perusahaan kamera tersebut. Persis larangan yang dikenakan kepada Huawei.

Kamera itu dianggap disusupi alat. Yang bisa dipakai Tiongkok untuk memata-matai Amerika. Atau mengintai siapa saja yang membelinya.

Saya masih ingat. Dulu raja kamera itu Honeywell. Dari Amerika. Saya pernah membelinya. Dipasang di mesin pembuat kertas. Untuk mengintai apakah kertasnya halus/rata atau tidak.

Sudah lama saya tidak mendengar kata Honeywell lagi.

Kamera kini benar-benar identik dengan Made In China.

Dan pusat industri kamera itu sama dengan pusat industri celana dalam. Industri BH. Industri dasi. Dan industri mobil listrik: di propinsi Zhejiang. Yang ibukotanya Hangzhou. Pusatnya Alibaba juga di situ. Satu jam dengan kereta peluru dari Shanghai.

Kota ini sekarang juga jadi pusat industri CSP (consentrated solar power). Listrik tenaga matahari tapi pakai cermin. Tidak lagi pakai panel surya. Saya termasuk sering ke situ. Rapat-rapat dengan mereka.

Mobil listrik BYD – – yang sudah mulai dipakai taksi Blue Bird di Jakarta– ada di sini. Pabrik mobil listrik Geely – – menjadi taksi di semua kota besar di Tiongkok– juga di situ.

Ada tiga industri kamera di sekitar Hangzhou. Besar semua. Sampai-sampai 30 persen kamera dunia dari situ.

Tiga besar itu adalah: Hikvision, Dahua dan Uniview. Dua yang pertama saja sudah menguasai 50 persen pasar kamera dalam negeri mereka. “Boom industri kamera ini terjadi sejak ada peristiwa 9/11 di New York,” tulis China Daily.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan