Kahati, Dorong Pembangunan Lingkungan dan Sosial

SOREANG – Untuk mening­katkan pembangunan ling­kungan dan sosial, Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bandung melakukan nota kesepahaman. Penandatan­ganan Memorandum of Un­derstanding (MoU) bersama PT. Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembang­kitan (UPJP) Kamojang dila­kukan Bupati Bandung Dadang M Naser dengan General Manager UPJP Kamojang Budi Wibowo.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, MoU ter­sebut akan membantu per­masalahan lingkungan dengan cara membangun peng­embangan kawasan konser­vasi keanekaragaman hayati (Kahati) di Kampung Ciseupan, Desa Nagrog, Kecamatan Ci­calengka.

”Alhamdulillah ada perha­tian dari CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Indonesia Power untuk ma­salah pembangunan ling­kungan, diantaranya akan membantu penataan taman keanekaragaman hayati yang rencananya akan dibangun di Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka,” kata Dadang saat ditemui usai penandatangan MoU di Soreang, belum lama ini.

Menurut Dadang, dirinya meminta kepada pihak In­donesia Power untuk mem­perhatikan lingkungan sekitar seperti Gunung Rakutak dan Danau Kamojang. Pasalnya, hampir semua perusahaan geothermal membutuhkan air.

”Saya menekankan, PT. In­donesia Power harus mem­perhatikan wilayah sekitarnya. Danau yang hilang di Kamo­jang harus dibangkitkan kem­bali, karena air itu lagiatornya gunung untuk memproduksi asap yang bagus, jadi air harus tersedia dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, program Ka­hati akan dibangun diatas lahan seluas 20 hektare. Selain menjadi kawasan konservasi, juga akan menjadikan sebagai area rekreasi bagi masyarakat setempat.

”Kami sudah melakukan pendekatan dengan masy­arakat untuk melakukan pembebasan lahan. Nanti­nya di lahan seluas 20 hek­tare itu akan ditumbuhi aneka ragam tanaman. Se­laian itu, kami juga akan membangun area rekreasi seperti jogging track, danau kecil untuk menampung air dan camping ground. Se­hingga disana menjadi dae­rah rekreasi sekaligus olah­raga bagi masyarakat,” aku­nya.

Dadang menambahkan, dengan adanya program CSR untuk pembangunan Kahati tersebut, dirinya berharap masyarakat sekitar tidak ada yang dirugikan. Tetapi dengan adanya program tersebut, masyarakat harus diuntung­kan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan