Kades Panenjoan Ajak Warga Buat LCO

CICALENGKA – Permasalahan kebersihan lingkungan di Desa Panenjoan menjadi perhatian Asep Suryatna selaku kepala desa.

Menurutnya, kurang pedulinya masyarakat terhadap masalah sampah menjadi penyebab terjadinya banjir dan datangnya berbagai penyakit.

Untuk mengatasi ini, dia bersama perangkat desa lainnya selalu mengajak warga desa untuk menjaga lingkungan dengan cara melakukan pengelolaan sampah rumah tangga.

’’Kita sudah anjurkan warga agar memiliki Lubang Cerdas Organik (LCO) sebagai bagian dari program saber (sabilulungan bersih),”kata Asep ketika ditemui kemarin. (30/1).

Dia mengatakan, membuat LCO merupakan program saber di bidang lingkungan yang di gagas oleh Bupati Bandung Dadang M. Naser. Sehingga, program ini wajib dilaksanakan oleh seluruh warga desa.

Selain itu, untuk menjaga sungai di desa Panenjoan tetap bersih, pihaknya sudah memberikan himbauan kepada warga agar tidak membuang sampah di aliran sungai Cibodas dan Citarik.

Untuk itu, dengan membuat LCO di rumah warga harapannya sampah dari hasil rumah tangga akan terkurangi. Sehingga, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

’’Disini setiap warga masih memiliki pekarangan rumah jadi saya sarankan minimal 2 lubang cerdas organik (LCO) di setiap halaman rumahnya masing-masing dengan kedalaman 1 meter dan untuk diameter minimal 4 inci,” tuturnya.

Asep menambahkan, LCO sendiri untuk menampung sampah, manampung genangan air jika hujan, untuk sampah organik nantinya bisa buat pupuk.

’’Demi terwujudnya wilayah yang bersih diperlukan tingkat kesadaran yang tinggi dari warga masyarakat, serta terjalinnya kerja sama,’’kata dia. (mg5/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan