Jongko Bonsai Cibeunying Hasilkan Bonsai Berkualitas Kontes

Dede juga menambahkan, Untuk membuat bonsai yang berkualitas kontes selain pengetahuan tentang jenis-jenis bonsai , juga harus memiliki penjiwaan seni yang tinggi, karena bonsai yang di konteskan itu mempunyai kelasnya masing-masing .

“Untuk jadi trainer bonsai memang harus punya imajinasi- imajinasi yang luas, apalagi untuk bonsai yang akan di konteskan”, tambahnya pada Jabar Ekspres.

Di Jongko Bonsai cibeunying ini, harga bonsai nya bervariasi, mulai dari harga 100 ribu hingga puluhan juta. Ada dua jenis bonsai yang dibudidayakan dan di jual di JBC, Selain bonsai pot ada juga bonsai taman dan perbedaanya hanya pada akar.

“bonsai pot bentuk daun dan bentuk akarnya di konsep untuk menjadi bagus kelihatanya, sedangkan bonsai taman hanya di konsep daunnya saja” ujar Dede

Selain membudidayakan bonsai, Dede juga memproduksi pot yang di kerjakannya sendiri. Pot tersebut selain untuk koleksi bonsainya, juga untuk di jual terpisah.

Ke depannya, Dede berharap makin banyak penggemar bonsai ataupun komunitas yang mengadakan pameran ataupun kontes di tiap tahunnya. karena melalui pameran atau konteslah, hasil budidaya bonsainya bisa lebih di kenal.

” Mudah-mudahan bonsai hasil budidaya Jongko Bonsai Cibeunying bisa di import ke negara lain”, tutupnya. (don)

Tinggalkan Balasan