Jongko Bonsai Cibeunying Hasilkan Bonsai Berkualitas Kontes

BANDUNG – Tanaman Bonsai merupakan tanaman mungil yang memiliki bentuk daun dan batang yang kerdil. Bonsai berbeda dengan tanaman hias lainnya, yaitu bentuknya yang menyerupai pohon dan karakteristiknya seperti pohon besar tetapi wujudnya kecil.Tanaman bonsai selain indah,tanaman ini juga bernilai jual tinggi.

Salah satunya Dede (45), pembudidaya tanaman bonsai di Kota Bandung, tepatnya terletak di Jalan Taman Cibeunying selatan Los 07 Bandung. Tempat yang di beri nama “Jongko Bonsai Cibeuying (JBC)”, ini telah berdiri cukup lama. Jongko yang menghasilkan tanaman bongsai berkualitas kontes ini, bukan saja menyediakan bonsai lokal saja namun juga ada bonsai yang bibitnya dari negara lain. Jongko Bonsai Cibeunying ini juga sering di datangi oleh kolektor-kolektor bonsai baik di daerah Jawa maupun luar Jawa.

“Kebanyakan yang mencari bonsai dari kalangan menengah ke atas, ada yang buat kontes ataupun buat koleksi saja. Malahan bonsai yang di pakai kang Bahar di film preman pensiun, itu bonsai dari sini”. ujar Dede

Sebagai pembudidaya dan trainer JBC, Dede mengatakan jika usaha budidaya bonsai ini memang sudah lama di tekuninya, usaha turun termurun dari orang tuanya dulu.

“sejak kecil saya memang sudah sering membantu bapak menanam bonsai, jadi sudah lumayan paham, dan untuk bibit pembudidayaannya saya memakai bibit lokal dan bibit import.” ujarnya.

Selain itu Dede juga menuturkan kelebihan tanaman bonsai ini bisa ditanam atau disimpan di mana saja, dan cara perawatannya juga tidak terlalu sulit. Untuk membuat bonsai yang berkualitas, dimulai dengan melihat akarnya bagus atau tidak, kemudian setelah mendapatkan akar yang bagus  tambahkan media tanam yang bagus  agar bonsai subur setelah itu biarkan tunas tumbuh kemudian menjadi batang dan bentuk menggunakan kawat sesuai dengan yang kita inginkan, cukur bentuk daun menjadi rapih dan berbentuk agar serasi dan seimbang.

” Yang penting rajin dan telaten ngecek tiap hari, memberikan pupuk, menjemur dan jika ada bonsai yang terlihat layu, harus cepat di ganti medianya, pakai campuran kompos dan tanah”, tuturnya .

Tinggalkan Balasan