Jelang Puncak Hujan, Pemkot Petakan Rawan Bencana

BANDUNG– Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggu­langan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung tengah mela­kukan pemetaan rawan ben­cana serta mengklasifikasi beberapa bencana alam.

Untuk diketahui, beberapa bencana yang kerap terjadi di Kota Bandung di antaranya, banjir, angin puting beliung, dan longsor.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana pada Diskar PB Kota Bandung, Sihar Pandapotan Sitinjak menerangkan, setiap daerah memiliki kewaspadaan ma­sing-masing soal bencana.

Dia mencontohkan, ben­cana banjir sering menimpa wilayah Bandung Timur, angin puting beliung menga­kibatkan pohon tumbang sering terjadi di Bandung Selatan dan longsor sering terjadi di kawasan Bandung Utara (KBU).

“Kalau titik banjir itu ada di kawasan Pasteur, Gedebage, Rumah Sakit Hermina, dan Cicaheum. Kalau tanah berkon­tur (bencana longsor) terjadi di Bandung Utara (Dago sekitarnya) arah ke Lembang,” papar Sihar di Bandung, kemarin (18/11).

Pihaknya juga berharap, jika warga menemukan ter­jadi ancaman bencana, untuk langsung melaporkan ke pe­tugas di mulai aparat setem­pat yang nanti masuk laporan ke Diskar PB. “Tupoksi lebih­nya harus melaporkan ke­pada Dinas Tata Ruang (Dis­taru), sebagai bentuk penanga­nan sementara, misalkan dinas terkait memberi pen­gumuman bahaya, Diskar PB menindaklanjuti,” jelasnya.

Saat ini pihaknya juga telah menerima laporan beberapa wilayah mengalami terjadi longsor meskipun tidak ter­lalu parah. Namun, dirinya tetap mengimbau agar warga tetap waspada dan hati-hati terutama menjelang datang­nya musim hujan.

Sementara itu, Badan Me­teorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada Desember 2019 hingga Februari 2020 mendatang. Sedangkan musim hujan akan berlangsung hingga Mei 2020.

“Intensitas hujan akan me­ningkat di November ini. Puncaknya di Desember hingga Februari. Memang Desember hingga Februari merupakan masa jumlah curah hujan tinggi dibanding bulan-bulan lainnya,” ungkap Ke­pala Stasiun BMKG Kota Bandung, Toni Agus Wijaya.

Toni menyebutkan, musim hujan tahun ini diprediksi hampir sama dengan musim sebelumnya. Sehingga musim hujan tahun 2019-2020 ini masih dalam kondisi normal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan