Jelang Nataru 2020, Satlantas Polresta Bandung Lakukan Ramp Check

SOREANG – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Satlantas Polresta Bandung mulai melakukan berbagai antisipasi agar ketertiban dan keamanan masyarakat di jalan raya tetap terjaga.

Kapolresta Bandung, AKBP Hendra Kurniawan melalui Kasat Lantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama mengatakan, pihaknya telah melakukan Ramp Check, atau Inspeksi pada Sabtu (14/12) lalu. Ramp check dilakukan dibeberapa titik lokasi, dianataranya di jalan sadu Soreang. Kendaraan yang menjadi fokus ramp check diantara angkutan umum dan Bus Pariwisata yang melintas menuju lokasi wisata Ciwidey.

”Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya laka lantas yang melibatkan kendaraan umum angkutan massal,”kata Hasby saat ditemui di Soreang, kemarin (15/12).

Dia juga menjelaskan, Ramp Check ini dilakukan mulai dari pemeriksaan surat-surat dan kondisi kendaraan antara lain Ban, Rem, Lampu dan kelengkapan kendaraan Lainnya, Pemeriksaan awak kendaraan umum yaitu sopir dan kondektur.

”Setelah diperiksa, petugas juga memberikan himbauan tertib berlalu lintas kepada para pengemudi dan penumpang agar selalu memperhatikan rambu lalu lintas, marka jalan, parkir sesuai tempatnya, dan menaik turunkan penumpang harus sesuai aturan,” jelasnya.

Selain itu Hasby menjelaskan, petugas juga menghimbau untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang membuat pengemudi menjadi hilang kesadaran, mengantuk dan lelah dalam mengendarai kendaraan. Hasilnya, dari 29 unit Kendaraan yang diperiksa, sebanyak 6 unit kendaraan berjenis bus besar dan bus kecil kurang laik jalan dan telah habis masa berlaku uji berkalanya, sedangkan 23 kendaraan lainnya yang juga turut diperiksa masih laik jalan. sementara itu 6 kendaraan yang tidak laik jalan dilakukan tindakan tilang.

”Kegiatan Ramp Check ini akan terus dilakukan secara kontinue hingga awal tahun baru 2020 mendatang,”pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan