Jelang Natal Tahun Baru, Satpol PP Bakal Tertibkan PKL

CIMAHI– Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Naturu), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Cimahi akan meningkatkan intensitas operasi terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL).

Beberapa kawasan yang jadi fokus pengawasan kemunculan PKL musiman di antaranya Jalan Gatot Subroto, Jalan Amir Machmud, Jalan Gandawijaya, dan Jalan Mahar Martanegara. Sebab, kawasan tersebut merupakan zona merah terlarang untuk dijadikan lapang berdagang.

“Jelang natal dan tahun baru belum ada riak-riak PKL musiman, tapi kemungkinan ada namun tidak bakal seramai saat lebaran,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Uus Saefulloh, saat dihubungi, Jumat (29/11).

Untuk menertibkan para PKL tersebut, pihaknya setiap hari menerjunkan personel ke titik mangkal PKL, seperti di depan RSUD Cibabat, di pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian Kota Cimahi.

“Kalau pagi dan sore di simpan personel Satpol PP karena itu jam rawan kemacetan bertepatan dengan jam masuk dan pulang kerja. Biasanya kalau ada anggota tempat mangkal itu bersih dari PKL, tapi waktu dan personelnya terbatas,” tuturnya.

Untuk patroli rutin, personel Satpol PP yang terlibat biasanya berjumlah 17 orang. Setiap hari juga akan ada pergantian personel patroli.

Diakuinya, setiap melaksanakan patroli, pasti saja ada yang melanggar. Kendati terkadang banyak pelanggar yang marah dan kembali berjualan atau melanggar aturan lainnya, pihaknya tetap akan melaksanakan penertiban.

“Sampai kapanpun, Satpol PP itu akan terus menertibkan pelanggar Perda, terutama PKL dan parkir liar. Terserah mereka mau kembali berjualan di tempat terlarang, pasti akan kami razia lagi, apalagi dalihnya itu kan demi kebutuhan perut,” katanya.

Saat ini pihaknya tidak mengagendakan pelaksanaan penertiban PKL. Namun penertiban PKL bakal dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Misalnya di Padasuka, banyak keluhan dari masyarakat dan pengendara yang terdampak kemacetan dari pasar Selasa dan Jumat. Personel diturunkan untuk pembersihan,” pungkasnya. (mg3/drx)

TERTIBKAN PKL: Jajaran personel Satpol PP saat melakukan penertiban terhadap PKL di sejumlah titik zona merah beberapa waktu lalu. Jelang natal dan tahun baru, penertiban kembali akan digelar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan