Jelang Babak Kualifikasi AFC U-19, Indonesia Siapkan 23 Pemain

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia, Fakhri Husaini telah memilih 23 pemain skuat Garuda Nusantara yang bakal diturunkan dalam babak Kualfikasi Piala AFC U-19 di Jakarta, 6-10 November 2019 mendatang.

Sebanyak 23 nama tersebut terpilih usai melakukan dua rangkaian uji coba menghadapi Timnas China U-19 di Surabaya dan Bali, serta satu pekan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sejatinya, dua uji coba dan pelatnas itu diikuti oleh 26 pemain, untuk memilih 23 pemain pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 27 Juli 1965 itu terpaksa mencoret tiga pemain dari Timnas Indonesia U-19. Ketiga pemain yang terpaksa di depak oleh pelatih yang merupakan mantan pemain Timnas Indonesia era 90-an itu adalah, Andre Oktaviansyah, Fadillah Nur Rahman, dan Saddam Emiruddin.

Pelatih berkumis tebal itu menjelaskan keterpaksaan dirinya mencoret tiga pemain tersebut. Menurutnya, ketiga pemain itu belum bisa memenuhi aspek-aspek yang selalu ditanamkannya dalam melakukan pelatnas. “Mereka tidak ikut serta dalam babak kualifikasi Piala AFC U19 nanti, karena menurut saya belum bisa memenuhi empat aspek. Fisik, Taktik, Teknik, dan Mental. Ketiganya juga kalah bersaing dengan 23 pemain lain,” ungkap Fakhri di Bogor, Selasa (29/10) kemarin.

Meski demikian, Fakhri meminta agar tiga pemain yang tidak patah semangat untuk terus mengasah kemampuannya. Fakhri berjanji selanjutnya, bakal terus memantau perkembangan ketiga pemain tersebut. “Namun, saya berharap kepada ketiganya untuk tidak berkecil hati. Masih ada waktu bagi mereka untuk terus berusaha meningkatkan kemampuannya. Saya ingin melihat progres mereka setelah ini, apa bisa terus berkembang atau malah berhenti di titik ini,” ujar Fakhri.

Fakhri mengakui 23 pemain yang dipilihnya itu mampu menunjukkan performa terbaiknya di Kualifkasi Piala AFC U-19 2019. Hal itu menurutnya, karena David Maualan dan kawan-kawan ingin menjukkan bahwa skuat Garuda Nusantara bisa diandalkan dalam ajang Kualifkasi Piala AFC U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 bakal menjalani pertandingan di babak Kualfikasi Piala AFC U-19 2020. Dalam ajang yang bakal berlangsung di Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta . Indonesia tergabung dalam Grup K Indonesia bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan