Jabar Smesco Festival Tampilkan ’Kujang Pusaka’

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggelar perhelatan Jabar Smesco Festival 2019 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Sabtu (28/9). Ajang ini menjadi wadah promosi produk-produk unggulan dari seluruh kabupaten dan kota di Jabar dengan mengusung tagline Kujang Pusaka, yang artinya Kuliner Jajanan, Produk Unggulan dan Pariwisata Jabar Juara.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan menegaskan bahwa kreatifitas harus dijadikan sebagai kompetensi bagi pelaku UKM secara nasional.

”Ajang seperti ini harus menjadi contoh bagi daerah lain sebagai cerminan dari kreatifitas pelaku UKM di daerahnya”, Tegas Rully, disela kegiatan.

Dia menilai, dunia persaingan saat ini semakin ketat dan begitu mudah untuk orang meniru produk yang dihasilkan orang lain. Untuk itu, Kemenkop UKM memfasilitasi adanya hak cipta dan hak merek untuk setiap produk.

”Itu supaya para pelaku UKM memiliki kekuatan hukum yang tidak mudah ditiru pesaing di luar negeri,” ucapnya.

Dalam acara yang dihadiri Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga dan Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil ini diperlihatkan aneka produk unggulan dari Jabar, seperti batik khas Jabar, produk bordir asal Tasikmalaya, anyaman Rajah Polah, tas kulit dari Garut, dan sebagainya. Belum lagi produk kuliner asal Jabar yang juga amat banyak, yang masing-masing daerah memiliki kuliner khas.

Atalia Kamil yang juga istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengakui, dengan luas Jabar  sebesar 35 ribu kilometer persegi, maka tak usah heran bila Jabar memiliki banyak produk khas dan unggulan.

”Kalau ditanya apa produk unggulan dan khas Jabar, saya susah menjawabnya karena begitu banyak ragamnya. Bahkan, tak sedikit produk Jabar termasuk kulinernya yang sudah mendunia, dikenal hingga mancanegara,” jelasnya.

Tak hanya produk khas dan unggulan serta kuliner saja, Atalia juga menunjuk banyaknya aneka budaya yang ada di wilayah Jabar.

”Tak hanya budaya Sunda, ada juga budaya Cerbonan, yang menjadi unggulan bagi kita dalam menarik minat wisatawan datang ke Jabar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jabar Kusmana Hartadji mengatakan, acara yang menampilkan sekitar 75 UKM asal Jabar (produk souvenir dan kuliner) diharapkan dapat membangkitkan semangat untuk terus mengembangkan produk unggulan yang dihasilkan koperasi dan UKM di Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan