Investasi Hotel Masih Terbuka

BANDUNG – Semenjak adanya infrastruktor tol Pasirkoja- Soreang (Soroja) kondisi pariwisata Kabupaten terus mengalami peningkatan kunjungan wisatawan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung, Use Juhaya mengatakan, tol Soroja memberikan dampak positif dan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan khususnya di Bandung selatan.

Dia menilai, dengan adanya Tol Soroja, aksebilitas menjadi lebih cepat, sehingga wisatawan jadi banyak yang datang. Dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan ke restoran dan tempat wisata di Kabupaten Bandung.

’’To Soroja sangat memberikan keuntungan bagi Kabupaten Bandung sehingga harapannya perekonomian masyarakat juga ikut menggeliat,”kata Use kepada wartawan kemarin. (18/1)

Kendati begitu di sisi lain, tol Soroja juga berdampak terhadap penurunan kunjungan ke hotel dan penginapan sebanyak 30 persen. Sebab, banyak wisatawan memutuskan tidak bermalam di Kabupaten Bandung dan lebih memilih pulang atau menginap di hotel yang ada di Bandung.

’’Menginap di hotel-hotel Kota Bandung yang dianggap lebih dekat dengan fasilitas pendukung, seperti pusat kuliner dan hiburan,”ucap Use.

Dia berpendapat, keberadaan hotel di Kabupaten Bandung masih terbilang minim. Bahkan, hanya ada empat hotel berbintang di Kabupaten Bandung, sisanya merupakan penginapan dan hotel melati, sehingga peluang investasi perhotelan di kabupaten Bandung masih terbuka lebar dan sangat memungkinkan.

Kendati begitu, pendirian hotel harus memiliki konsep jelas jangan sama dengan kota Bandung. Sebab, keberadaan hotel akan berpengaruh terhadap kunjungan.

’’ Contohnya, wisatawan dari luar daerah seperti Jakarta datang ke Bandung untuk menikmati keindahan alam maka hotel yang cocok untuk kabupaten Bandung harus bertemakan alam dan tradisional,”kata dia.

Use menambahkan, jika investasi perhotelan terjadi di Kabupaten Bandung, akan mengakomodir ptensi masyarakat setempat. Di antaranya lapangan perkerjaan, bahan baku perhotelan seperti sayur dan lainnya.

’’Jadi sektor Pariwisata memiliki efek domino bagi kemajuan perekonomian suatu daerah yang menguntungkan masyarakat secara langsung,”pungkas Use. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan