Ingin Ada Pansus untuk Evaluasi BUMD

BANDUNG – Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar Fraksi Partai Demokrat Sugianto Nanggolah menyebut sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) belum memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat (Jabar).  Untuk itu, pihaknya menginisiasi untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mengevaluasi BUMD.

Dia mengatakan, dibentuknya Pansus tersebut tidak lain agar kinerja BUMD dapat meningkat. Sebab, sejau ini baru Bank BJB dan BP Migas Hulu yang sudah memberikan kontribusi signifikan kepada PAD Jabar.

‘’Jadi dengan dibentuknya Pansus nanti, BUMD yang tidak menghasilkan menjadi menguntungkan. Kalau tidak dengan Pansus, susah kita untuk mengevaluasinya,” kata Sugianto melalui sambungan telepon, Jumat  (04/12).

Dia menuturkan,  pembentukan Pansus tersebut sudah masuk kedalam agenda Badan Musyarah (Banmus). Sehingga, evalusi BUMD nantinya akan dilakukan secara menyeluruh.

“Banyak, hampir semua BUMD (belum memberikan kontribusi). Tapi BJB dan BP Migas Hulu, saya lihat sudah ada profit, sementara yang lain masih no profit,” tuturnya.

Sugianto menyatakan, BUMD-BUMD yang belum memberikan kontribusi terhadap PAD hanya akan berdampak negatif terhadap pembangunan di Jawa Barat. Sebab, Selama ini suntikan anggaran yang telah dialokasikan untuk setiap BUMD menjadi percuma dan hanya akan merugikan dan membebani APBD.

Sugianto menuturkan,  sumber pendapatan Pemprov Jabar selama ini hanya ditopang dari Pajak Kendaran Bermotor (PKB). Untuk itu, sudah saatnya BUMD memberikan deviden (keuntungan) untuk kelangsungan pembangunan di Jabar.

Kendati begitu, lanjut dia,  pengelolaan penyelenggara BUMD tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan dividen dan kontribusi terhadap PAD. Sehingga, Pansus perlu mengevaluasi agar BUMD pengelolaannya beroreintasi kepada profit.

Dia menambahkan, selama ini peran dewan khususnya Komisi III selalu mendukung keberadaan BUMD-BUMD di Jabar dengan menyetujui penyertaan modal. Tetapi harus bisa memberikan kontribusi kepada PAD.

‘’Nah kenyataannya masih ada beberapa BUMD yang sampai saat ini tidak memberikan kontribusi sama sekali,’’tutur dia.

Sementara itu, dukungan pembentukan Pansus BUMD juga disuarakan oleh Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat, Husin SE ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Radar Cirebon (Grup Jabar Ekspres).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan