Indonesia Lolos Piala Asia 2020

JAKARTA – Timnas U-19 Indonesia menjuarai grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 setelah main imbang 1-1 kontra Korea Utara, Minggu (10/11) malam. Hasil ini tidak lepas dari peran Pelatih Timnas U-19 Fakhri Husaini yang berhasil membangkitkan semangat pemain-pemainnya.

Dia melihat pemainnya tampil spartan di hadapan 16 ribu pendukungnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. ”Apa yang kami sepakati sebelum laga bahwa pertandingan 10 November ini adalah bertanding layaknya para pahlawan. Dan mereka tunjukkan apa yang mereka sepakati. Komitmen bertempur habis-habisan mereka tunjukkan,” kata Fakhri.

Kemenangan yang bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan tersebut menurut Fakhri menjadi hadiah bagi bangsa Indonesia. ”Ini kemenangan seluruh rakyat indoneisa. Bangsa kita,” jelasnya.

Melihat performa dan gaya main tim yang terus meningkat setiap laga, Fakhri optimistis timnya mampu berbicara banyak di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan. ”Di Piala Asia nanti kami akan tunjukkan (kualitas timnas, red) kita memang layak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” tandasnya.

Laga sengit mengawali anak asuh Fakhri Husaini dalam laga pamungkas, di awal babak pertama, pemain Korea Utara juga tak mau kalah. Mereka terus melakukan pressing saat Fajar Fathur Rachman dan kawan-kawan menguasai bola. Saat laga masih berlangsung lima menit, bomber Indonesia Serdy Ephyfano sempat membuat kemelut di gawang Korea Utara. Sayang, peluang gol melalui tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti berhasil di tepis kiper Sin Kwang Guk.

Selang lima menit kemudian, gelandang timnas Indonesia Beckham Putra kembali mengundi keberuntungannya lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, penjaga gawang Korea Utara berhasil menepis shot on goal pemain Persib Bandung tersebut.

Secara penguasaan bola, Korea Utara lebih dominan. Pasing-pasing akurat ke daerah pertahanan Indonesia cukup merepotkan palang pintu anak asuh Fakhri Husaini. Serangan anak asuh Pak Kyong Bong terbilang berani meski berhasil digagalkan oleh barisan Alfeandra Dewangga dan kawan-kawan.

Upaya serangan sayap Timnas Indonesia U-19 juga kerap dipatahkan. Penyelesaian akhir maupun umpan pupus di lini tengah Korea Utara. Fokus timnas kembali pecah setelah tim tamu lebih dahulu unggul lewat gol kapten timnas Korea Utara Kim Kwang Chong di menit 40. Kim berhasil membobol gawang lewat tendangan keras yang tak mampu ditahan kiper Ernando Ari Sutaryadi, bola masuk ke gawang dan Timnas Indonesia U-19 tertinggal 0-1.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan