Ilham dapat Bantuan dari Pemkab

SOREANG – Ilham Dwiguna Saputra 20, penderita gizi buruk yang beralamat di Kampung Babakan RT 03 RW 14 Desa Pamekaran Soreang, mendapatkan bantuan kursi roda dan layanan kesehatan prima.Itu merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser di Soreang, Selasa (8/1).

“Kepeduliaan ini akan mengurangi derita sesama manusia. Selain sebagai program pemerintah, layanan prima khususnya kepada masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan akan menjadi prioritas,” ungkapnya.

Dadang menyampaikan terima kasih atas kinerja pemerintah di wilayah Soreang dan para fasilitator Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang sudah bekerja sabilulungan untuk peduli warga. Menurutnya, kalau pola kebersamaan ini terus dilakukan, diimbangi dengan rasa sosial dan peduli yang tinggi, tentu saja permasalahan kesenjangan yang terjadi di tengah-tengan masyarakat bisa diminimalisir.

“Ya kalau hati tergerak secara sabilulungan untuk saling peduli, pastinya persoalan semacam ini akan cepat tertangani. Apalagi sudah ada Puskesos di tingkat desa. Jadi lebih dekat dengan warga,” imbuhnnya.

Seperti diketahui, Ilham anak pertama dari pasangan Heni Merinda,38, dan Dedi Irawan,41, itu, menderita lumpuh sejak 19 tahun lalu. Ilham divonis menderita gizi buruk akibat kekurangan asupan nutrisi karena  kesenjangan ekonomi.

Ditemui di tempat berbeda, Camat Soreang Rusli Baijuri menyampaikan, bahwa pihaknya sudah memberikan bantuan kursi roda dan layanan kesehatan bersama pihak Puskesos Desa Pamekaran juga pihak Pemkab Bandung. “Ilham sudah kembali ceria dan bersemangat melakukan aktivitasnya, tugas kita selanjutnya adalah memberi semangat dan jangan mengucilkan. Ayo kita tumbuhkan rasa empati dan peduli akan derita orang lain,” katanya.

Dia berharap, selain menjadi program dari pemerintah, bantuan dan kepedulian semacam itu akan tumbuh dari masyarakat yang lebih mampu. “Jadi kepada para agnia, jangan ragu untuk saling tolong menolong,” harapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana, berencana akan langsung melakukan peninjauan ke kediaman Ilham, untuk memastikan kondisi kesehatannya.

“Sore ini (kemarin), kita akan lakukan kunjungan langsung ke rumah Ilham, baru setelah itu akan ditentukan penanganan apa yang akan diberikan. Mudah-mudahan bisa tertangani secepatnya,” tandas Grace. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan