HUT 74 Armed Wujudkan Harapan dan Komitmen Bangun Bangsa

CIMAHI – Momen Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) akan menjadi wahana evaluasi sekaligus mewujudkan harapan dan komitmen bersama dalam rangka membangun kebanggaan dan kejayaan Korps Armed TNI AD.

Hal tersebut dikatakan Komandan Pussenarmed Brigadir Jenderal TNI Purbo Prastowo SIP. MM dalam sambutannya dalam perayaan HUT di Pusdik Armed Jalan Baros Kota Cimahi, Rabu (4/12)

Peringatan HUT Armed kali ini mengambil tema “Armed TNI AD Profesional, Unggul, Kebanggaan Rakyat”.

”HUT Armed ke-74 tahun merupakan usia cukup dewasa. Tema ini mengandung makna bahwa prajurit Armed memiliki karakter dan kepribadian yang unggul, mampu menghadapi segala tantangan, profesional dalam melaksanakan tugas serta senantiasa menjadi kebanggaan rakyat Indonesia,” terang Purbo.

Dalam peringatan HUT-nya, pihak Armed selalu menjalankan tradisi letusan meriam. Aksi meletuskan meriam ‘sapu jagad’ dilakukan oleh tim khusus terdiri atas para perwira dan purnawirawan korps Armed.

”Letusan meriam sapu jagad merupakan tradisi tahunan tiap peringatan HUT Armed. Pelayan meriam merupakan prajurit dan purnawirawan terbaik yang masing-masing personil sangat berprestasi. Supaya warga Armed yang lain bisa melihat dan mencontoh mereka,” katanya.

Purbo mengaku, sebelum acara puncak perayaan HUT, pihaknya melakukan beberapa rangkaian acara berupa bakti sosial, anjangsana, dan lomba olahraga.

”Lebih banyak kegiatan sosial bersama masyarakat dan menumbuhkan kebersamaan dengan personil Armed,” ucapnya.

Aksi bakti sosial diantaranya, bedah rumah dua unit milik warga di desa binaan Citande yang kondisinya memprihatinkan. Pihaknya juga menebarkan 15 ekor kambing di desa binaan untuk meringankan beban hidup masyarakat dengan kegiatan beternak. Juga disebar 400 boks sembako dan lainnya.

”Untuk mempererat keakraban sesama anggota, digelar lewat beragam lomba olahraga, jalan santai, dan lainnya,” paparnya.

Purbo mengatakan, evaluasi digelar dalam upaya peningkatan program pembinaan personil.

”Setiap saat selalu berlatih, latihan digelar terprogram mulai dari perorangan sampai satuan. Tentunya profesionalisme personil Armed sangat mengalami peningkatan signifikan,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, Armed dilengkapi alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang modern.  Alutsista baru berkelas dunia yang dikelola diantaranya Meriam 155 MM/GS Caesar buatan Perancis dan roket MLRS Astros II MK 6 buatan Belgia

Tinggalkan Balasan