Hujan Pertama Tumbangkan Tiga Pohon Besar

CIMAHI – Setelah beberapa bulan kebelakang Kota Cimahi mengalami kemarau, karena tidak ada hujan, akhirnya pada Rabu (18/9) sekitar pukul 16.00 WIB hujan deras dengan intensitas tinggi turun di kota yang mempunyai tiga kecamatan ini.

Bahkan hujan tersebut mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Pohon-pohon yang tumbang itu menyebar di sejumlah titik, seperti di Jalan Gatot Subroto, Jalan Pabrik Aci, dan Jalan Jati Serut depan Kantor Kecamatan Cimahi Utara.

Di Jalan Jati Serut, pohon tumbang menimpa kabel listrik yang melintang di bawahnya. Akibatnya, aliran listrik di wilayah tersebut langsung terputus sementara waktu

”Rantingnya dulu yang patah, baru pohon besarnya yang tumbang. Memang menimpa kabel, sempat ada percikan api juga jadi agak khawatir,” ujar Reza, warga Jalan Jati Serut, saat ditemui di lokasi kejadian Rabu (18/9).

Beruntung saat kejadian kondisi jalan sedang lengang. Kendati demikian, ada sebuah mobil yang hampir tertimpa ketika melintas dan sempat menghambat arus lalu lintas.

”Hampir kena tapi alhamdulillah selamat, jadi tidak ada korban jiwa. Kondisi lalulintas langsung macet soalnya banyak petugas yang mau angkat pohonnya,” katanya.

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Cimahi yang menerima laporan pohon tumbang langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi.

”Kami menerjunkan dua unit rescue dengan lima anggota untuk evakuasi yang terdekat dulu di Jalan Gatot Subroto. Pemotongan menggunakan gergaji mesin,” ujar Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Mochamad Ronny menjelaskan, tumbangnya pohon saat ini diakibatkan hujan cukup deras disertai angin kencang.

”Kalau pemeliharaan kita jalan terus,” jelas Ronny.

Untuk mencegah tumbangnya pohon susulan, pihaknya bakal melalukan pemangkasan pohon di sejumlah titik menyusul curah hujan disertai angin kencang yang sudah muali terjadi terutama di musim peralihan.

”Upaya yang dilakukan DLH Kota Cimahi ini adalah penopingan atau pemangkasan pohon di sejumlah titik,” terangnya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Ronnyberharap masyarakat ikut aktif dan mau melaporkan kondisi pohon yang ada di lingkungannya. Selain itu, lanjutnya, masyarakat pun bisa melakukan antisipasi secara swadaya, atau melapor ke DLH.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan