Hengki Minta Pemdes Lebih Inovatif dan Kreatif

NGAMPRAH– Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bandung Barat untuk lebih peka dan inovatif dalam menggali keunggulan di daerahnya, agar Pemerintah Desa dan masyarakatnya lebih maju khususnya menghadapi revolusi industri 4.0.

Menurut Hengki, seluruh kepala desa bisa menggali potensi yang dimiliki daerahnya, dengan memanfaatkan teknologi dan sosial media yang ada. Sehingga, desa dan masyarakatnya bisa lebih maju dan berkembang.

“Inovasi menjadi harga mati. Pemerintah Desa sebagai pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat, tentunya sangat tahu betul apa saja yang berpotensi di daerahnya. Setiap hal yang bisa menjadi peluang untuk kemajuan daerah, harus dikembangkan agar terciptanya suatu perubahan untuk masyarakat desa,” ujar Hengki baru-baru ini.

Hengki menuturkan, untuk memajukan suatu daerah diperlukan tiga hal, yakni inovasi, kreativitas dan kolaborasi. Tentunya, tiga hal tersebut harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan siap melakukan suatu perubahan di daeranya.

“Mau tidak mau, dengan kemajuan dan perkembangan zaman saat ini, aparat di Pemerintahan Desa harus bisa mengikuti zaman. Munculkan ide-ide kreatif untuk melahirkan inovasi di desa,” imbuhnya.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Pusat memiliki keinginan untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia. Aparat desa pun semakin dimudahkan dalam merencanakan kegiatan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Salah satunya belum lama ini digelar program bursa inovasi desa. Aparat desa ditawari berbagai program kerja untuk tahun 2019, yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan desa,” ujarnya.

Di era teknologi informasi yang penuh persaingan saat ini, Hengki mengajak kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Bandung Barat, untuk terus berinovasi demi kemajuan daerahnya.

“Manfaatkan sosial media karena melalui saran teknologi memberikan kemudahan untuk melakukan promosi yang mudah dikases untuk masyarakat. Terutama dalam menggali potensi dan program yang dijalankan,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan