Generasi Muda Harus Amalkan Nilai Luhur Pancasila

CICALENGKA – Sebagai upaya membangun kembali kesadaran berbangsa dan bernegara bagi generasi muda. Anggota DPR RI H.Dede Yusup Macan Effendy kembali menggelar sosialisasi 4 Pilar, bagi para pelajar. Kegiatan sosialisasi tersebut, dilaksanakan di SMA Yadika Cicalengka, Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Senin, (4/2/) lalu.

Menurutnya, semua generasi muda harus mengetahui tentang pentingnya makna 4 pilar kebangsaan. Dengan menggelar kegiatan sosialisasi 4 pilar di sekolah tersebut, langkah utama untuk memperkenalkan tentang dasar dasar berbangsa dan bernegara.

”ini sebagai langkah dalam memperkenalkan makna 4 pilar kepada generasi muda. Sebab, makna 4 pilar mencakup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Dede Yusuf saat ditemui di rumah aspirasi rancage di Baleendah kemarin, (15/2).

Dede mengapresiasi semangat ratusan anak didik SMA Yadika yang antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Dengan demikian, pemaparan tentang pentingnya 4 pilar kebangsaan bisa ditular oleh semua siswa kepada generasi muda yang lain.

”Alhamdulillah, kami sangat bangga melihat antusias siswa siswi Yadika dalam mengikuti sosialisasi. Itu, akan mendorong  saya untuk terus memperkenalkan makna 4 pilar kepada generasi muda secara terus – menerus,” aku Dede.

Dalam kegiatan tersebut, Dede menyampaikan kepada semua peserta berapa pentingnya generasi muda harus mengetahui 4 pilar. Dia berpesan kepada semua peserta Didik SMA Yadika Cicalengka untuk mengulas kembali bagaimana sejarah perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan dari penjajah.

”mereka harus mengetahui sejarah bagaimana perjuangan para pejuang dalam meraih kemerdekaan. Dengan mengulas dan membaca sejarah,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini kalangan pelajar harus turut juga berjuang. Tapi, bukan dengan mengangkat senjata namun dengan  mengisi kemerdekaan melalui belajar bersungguh-sungguh dan berkarya.

“Generasi muda harus menyiapkan diri menghadapi era globalisasi, seperti industri 4.0 yang saat ini sedang menggaung. wujud lain dari implementasi 4 pilar kebangsaan juga  dengan mengamalkan nilai nilai pancasila, UUD, NKRI Bhinneka Tunggal Ika, terutama disaat ini bangsa indonesia dihadapkan dengan ancaman perpecahan,” pungkasnya. (adv/yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan