Gelontorkan Rp 14 Miliar untuk Taman

BANDUNG – Untuk merevitalisasi taman-taman yang ada di Bandung, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) menanggarkan sebesar Rp 14 miliar.

Kadis DPKP3 Dadang Darmawan mengatakan, untuk taman yang akan direvitalisasi ada tiga buah, sedangkan anggaran sebesar Rp 10 miliar  akan digunakan untuk pemeliharaan taman kota atau tematik yang berjumlah 29 taman tematik.

“Nah anggaran ini juga termasuk taman lainnya (taman kota). juga di dalamnya operasional untuk 318 orang Pekerja Harian Lepas (PHL),” ujar Dadang seperti dilansir detik.com pada Jumat (25/1).

Dari sekian banyak taman, Dadang menyebut bobot anggaran paling besar disiapkan untuk tiga taman yang akan direvitalisasi yakni Taman Babakan Siliwangi, Taman Tongkeng dan Taman Musik.

Selain untuk memperbaiki sejumlah kerusakan, di tiga taman tersebut akan dibuat fasilitas tambahan seperti toilet hingga tempat beribadah atau musala.

“Ada penambahan musala untuk melanjutkan program Bandung Juara pada visi Agamis. Selain itu kita buat taman agar ramah disabilitas,” katanya.

Sementara untuk sekitar Rp 4 miliar sisanya akan digunakan untuk penataan taman di tingkat RW. Hingga kini sudah ada 20 RW yang siap dilakukan penataan pada tahun ini.

Program penataan taman RW sendiri sudah dimulai sejak tahun 2013 lalu. Hingga kini dari sekitar 1.500an taman RW, sebanyak 207 di antaranya sudah dilakukan penataan.

“Besarannya (anggaran penataan) beda-beda. Mulai dari Rp 100 hingga 200 juta per taman RW,” ujar Dadang. (dtk/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan