Gelar Produk & Temu Bisnis Ajang Promosi Produk UMKM Juara

Kehadiran pejabat tinggi di Kabupaten/ kota pada kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara menunjukkan bentuk kepedulian pemerintah daerah bagi pengembangan, pemberdayaan dan pembangunan UMKM di kabupaten/ kota. Para pejabat tinggi pemerintah kabupaten/ kota tersebut sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Mereka beranggapan, masalah utama yang dihadapi UMKM setelah permodalan adalah pemasaran atau promosi.

Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara ini sangat tepat dilaksanakan terutama guna membangun keberanian dari para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Selama ini banyak UMKM yang kurang PD dengan produk-produknya. Kegiatan ini diharapkan jadi kawah candradimuka bagi mereka untuk mengenalkan produknya, memperbaiki produknya dan berinteraksi dengan masyarakat luas

“Promosi atau pemasaran ini mahal sekali dan sulit bagi pelaku UMKM. Adanya kegiatan ini menjadi terobosan penting bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya serta mengenalkan produknya kepada masyarakat luas. Kita berharap, pelaku UMKM khususnya peserta UMKM Juara memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya,” papar Kusmana.

Para peserta Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara yang merupakan peserta UMKM Juara Kabupaten/ kota sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Salah satunya, Hj Rini Sundari Nur Annisa pemilik Kain Perca Katumbiri Kota Tasikmalaya, mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat baginya, terutama untuk bermitra dengan sesama pelaku UMKM lainnya. Selain itu, dengan temu bisnis UMKM juara, ia bisa langsung berkonsultasi dengan pihak buyer maupun mitra perbankan, lembaga keuangan, PKBL, BUMN/ D yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

“Saya angat senang dan berharap bisa terus mengikuti pameran seperti ini. Saya juga ingin berpameran di luar provinsi Jawa Barat maupun ke luar negeri. Tujuannya untuk uji produk saya, apakah produk saya diminati oleh konsumen atau tidak,” tuturnya.

Selanjutnya, program UMKM Juara ini, selain fasilitas yang akan diberikan  pendampingan dan pelatihan oleh tenaga ahli dibidangnya selama 6 (enam) bulan, temu bisnis, gelar produk para UMKM Juara akan diseleksi untuk mengikuti benchmarking bagi umkm yang progresnya meningkat selama pendampingan.

Indikator yang digunakan untuk melihat UMKM Juara yakni peningkatan pmzet dan aset, memiliki mindset kewirausahaan yang benar dalam menumbuhkembangkan bisnis, menerapkan manajemen yang strategik, melakukan digitalisasi bisnis dengan menggunakan teknologi serta memanfaatkan akses pasar, perizinan, pembiayaan dan media. Terpenting, melakukan inovasi produk serta berdaya saing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan