Gelar Produk & Temu Bisnis Ajang Promosi Produk UMKM Juara

PEMERINTAH Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat menggelar Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat. Kegiatan ini sebagai rangkaian dari program unggulan Dinas KUK Provinsi Jawa Barat yakni UMKM Juara atau UMKM Naik Kelas.

Program unggulan tersebut sejalan dengan misi Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan.

Menurut Kusmana Hartadji, Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Program UMKM naik kelas bertujuan untuk meningkatkan daya saing Pelaku usaha. UMKM naik kelas dinilai  sudah memiliki karakteristik entrepreneur ditandai dengan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan,menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“Seleksi program UMKM Juara dilakukan secara online dan sekitar 3000 pendaftar yang lolos 2500 peserta. Mereka yang lolos dibina dan didamping oleh pendamping UMKM yang berjumlah 236 orang selama 6 (enam) bulan. Selama masa pendampingan ini mereka pun dilibatkan dalam Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara,” paparnya.

Kegiatan ini telah digelar di 11 kabupaten/ kota di Jawa Barat yakni Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Subang, Bandung Barat, Karawang, Garut dan  Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu. Gelar produk di kabupaten/ kota diikuti masing-masing 100 peserta UMKM Naik Kelas masing-masing Kota dan Kabupaten di Jawa Barat.

Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM yang telah dilaksanakan di 11 Kabupaten/ kota mendapatkan sambutan positif dari Pemerintah Daerah Kabupaten/ kota. Terbukti, Hampir semua kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara kabupaten/ kota dihadiri Bupati/ Walikota.

Contohnya di Kabupaten/ Kota  Sukabumi dihadiri Bupati Marwan Hamami dan Walikota Achmad Fahmi, Kabupaten Bandung Barat dihadiri Bupati dan Wakil Bupati AA Umbara dan Hengky Kurniawan, Kabupaten Subang dihadiri Bupati H. Ruhimat, Bupati Karawang Cecilia Nurahyana,  Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Kabupaten Indramayu dihadiri Bupati Supendi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan