Garuda Muda Sukses ke Final

JAKARTA – Tim Nasional (Timnas ) Sepak Bola Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak final SEA Games 2019. Kepastian itu didapat usai skuat Garuda Muda sukses mengalahkan Myanmar di babak semifinal 4-2.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Indonesia menciptakan empat gol. Dua gol dicetak oleh Evan Dimas Darmono, Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay satu gola. Sedangan dua gol Myanmar diciptakan oleh Aung Kaung Mann dan Win Naing Tun.

Sejak babak pertama dimulai, Myanmar langsung menerapkan pressing ketat terhadap para pemain Indonesia. Karena itu, garuda muda cukup kesulitan untuk mengembangkan permainan yang masih menganaldakan tekanan dari sisi sayap.

Meski demikian, Indonesia tetap memiliki kesempatan untuk bisa mencetak gol. Peluang pertama Indonesia datang pada menit ke-12. Dimana, Evan Dimas yang melepaskan tembakan langsung dari luar kotak penalti. Sayang, sepakannya masih mampu diredam penjaga gawang Myanmar, Sann Sat Niang.

Disisa laga paruh pertama, Indonesia terus mencoba membongkar pertahanan Myanmar. Namun, upaya yang dilakukan skuat Garuda Muda selalu menemui jalan buntu. Para pemai Myanmar selalu mampu meredam upaya serangan yang dilakukan Timnas Indonesia. Hingga akhirnya skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-23 langsung tampil agresif melancarkan serangan e jantung pertahanan Myanmar. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh Indonesia. Alhasil, pada menit ke-58 skuat asuhan Indra Sjafri itu mampu melepas kebuntuannya. Ya, Indonesia berhasil unggul 1-0 atas Myanmar lewat gol Evan Dimas Darmono yang meneruskan umpan Egy Maulana Vikri dari sisi kanan gawang Myanmar.

Setelah beberapa kali mendapatkan peluang emas, Upaya Egy untuk mencetak gol akhirnya berhasil pada menit ke-71. Melalui tendangan bebas Bagas Adi Nugroho mampu dimanfaatkan Egy dengan tandukkannya yang merobek jala gawang Myanmar untuk kedua kalinya.

Unggul dua gol tak membuat Indonesia mengendurkan semangatnya untuk terus menggempur pertahanan Myanmar. Beberapa kali peluang tercipta untuk menambah gol. Sayang, finishing yang urang baik membuat gagal Indonesia untuk menambah kedudukan. Gawang Indonesia justru kebobolan akibat kesalahan pemain Indonesia sendiri pada menit ke-79. Hasilnya, Myanmar melalui Aung Kaung Mann memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui sepakan keras ke arah kiri gawang Nadeo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan