Garuda Muda Siap Tempur

JAKARTA – Tim nasional U-19 kembali menjalani momen penting dalam laga Kualifkasi Piala AFC U-19 2020, Laga akan dihelat di Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini mengatakan, telah siap bertempur. Saat ini, ia hanya membenahi transisi positif dan negatif antar lini di dalam lapangan. Selain itu, Fakhri turut melakukan perubahan pemain di beberapa posisi di lapangan. Hal ini dilakukan agar pemain bisa bermain lebih dari satu posisi di lapangan.

”Ini penting bagi kami (perubahan posisi), untuk dilakukan, karena saya ingin coba merotasi beberapa pemain, supaya mereka bisa merasakan bermain di satu posisi saja,” tambahnya.

Fakhri menjelaskan, tim pelatih juga memberikan beberapa materi latihan tambahan kepada para pemain gelandang dalam untuk melakukan aksi individu dan tembakan. ”Kemudian kita juga memberikan individual training untuk gelandang. Bagaimana mereka melakukan shooting, baik itu power atau akurasi,” terangnya.

Menurutnya,  salah satu posisi utama yang menjadi sorotan adalah lini tengah. Dia mulai bereksperimen dengan mencoba beberapa pemain dari sektor lain untuk mengisi posisi vital tersebut. ”Memang ada beberapa eksperimen seperti simulasi, terutama untuk di tengah. Ini wajar supaya mereka juga tidak merasa tim ini sudah dimiliki 11 pemain (pilihan utama),” tuturnya.

”Agar tak ada anggapan pemain yang lainnya seolah-olah jadi nomor dua. Buat saya ini penting, supaya mereka bisa dapat kesempatan yang sama. Saat latihan, mereka punya hak yang sama untuk menikmati itu. Tapi ketika di pertandingan itu tak mungkin, karena pergantian pemain cuma bisa tiga kali,” sambungnya.

Selain hal itu, David Maulana dan kawan-kawan, juga diminta untuk terus memperbaiki hal yang kurang. Seperti memanfaatkan bola mati, bertahan, dan melakukan transisi cepat dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya.

”Kami masih terus memperbaiki transisi, set-piece, defending, lalu set-piece lagi, pertajam lagi transisi negatif dan positif,” tutur mantan kapten timnas Garuda tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia yang bergabung Grup Kakan berhadapan dengan Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste. Pada laga pertama, Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste Rabu, (6/11). Dua hari kemudian, Indonesia bakal melawan Hong Kong, Jumat (8/11). Sebelum akhirnya di laga terakhir Indonesia melawan Korea Utara, Minggu (10/11).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan