Exco PSSI Anulir Putusan Komdis

JAKARTA – Exco PSSI me­revisi sejumlah keputusan Komisi Disiplin (Komdis). Langkah ini dilakukan sesuai dengan amanah Kongres PSSI pada 20 Januari 2019 di Bali.

Salah satunya adalah mem­berikan toleransi denda dan mengembalikan sisa denda yang belum terbayar ke klub untuk mengedukasi supor­ternya.

Memang, Kongres PSSI itu mengamanatkan kepada Exco PSSI untuk diberikan kewenangan melakukan review terhadap keputusan Badan Yudisial PSSI tersebut.

Terdapat 3 buah SK PSSI ditandatangani. Satu SK yang fokus mengatur pelanggaran disiplin yang ditimbulkan oleh perilaku suporter yang menga­kibatkan klub dijatuhi denda.

PSSI memutuskan untuk mengembalikan sebagian nilai denda kepada klub se­bagai dukungan finansial dalam program edukasi su­porter yang harus dilakukan di klub. Keputusan sekaligus program ini akan melibatkan semua klub peserta Kom­petisi Liga 1 2018.

Keputusan Komdis yang memberikan ketegasan ter­hadap tindakan rasisme su­porter juga diubah oleh Exco. Sanksi keras itu ditoleransi dengan mencabut hukuman larangan memasuki stadion dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu pentolan Arema­nia, Yuli Sumpil, dan Fanny. Kedua Aremania itu sebelum­nya dilarang memasuki sta­dion seumur hidup. Namun, karena toleransi Exco akhirnya mereka diizinkan kembali.

Langkah yang sama juga dilakukan terhadap suporter Persib Bandung yang dilarang ke stadion menggunakan at­ribut sampai pertengahan musim depan.

Komdis yang sudah tegas, ternyata direvisi putusannya karena dianggap suporter adalah infrastruktur kom­petisi.

Exco menilai jenis keputusan komdis yang tidak harus dija­lankan adalah, larangan ke­pada individu untuk mema­suki stadion dan larangan bagi penonton masuk atau menonton pertandingan di dalam stadion tanpa meng­gunakan atribut, termasuk nyanyian, koreo dan semua hal yang terafiliasi dengan klub.

“Keputusan ini, diambil sete­lah dilalukan telaah panjang dan hati hati. Dengan tujuan yang terukur, yaitu perbaikan kualitas penyelenggaraan pertan­dingan, dibarengi upaya edu­kasi supporter ,” kata Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

PSSI akan terus melanjutkan kajian, evalusi terhadap semua keputusan komdis lainnya. Ter­masuk yang berhubungan dengan Kompetisi Liga 2.(dkk/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan