Ethnic Food 2019 Kembangkan Diversifikasi Berbahan Baku Ikan

BANDUNG– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Festival Keanekaragaman Makanan 2019 dengan tema “Mengembangkan Diversifikasi Produk Olahan Pangan Berbasis Ikan” pada Kamis-Sabtu, 8 hingga 10 Agustus 2019 di Trans Studio Mal Jalan Gatot Soebroto Bandung.

Menurut Kepala Disperindag Jawa Barat, Drs. Moh. Arifin Soedjayana MM., kegiatan ini lebih dikenal dengan Ethic Food 2019 bertujuan mewujudkan ketahanan pangan dan gizi dengan menumbuhkan kebiasaan makan ikan untuk mendorong kecerdasan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, kegiatan ini guna menggali potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang besar di Jawa Barat, meningkatkan produktivitas industri serta mempromosikan hasil olahan pangan lokal agar lebih berdaya saing dengan pasar global.

“Selain itu untuk menggali potensi yang berbahan baku lokal unggulan daerah, mendorong, memotivasi dan mempromosikan produk makanan berbahan baku lokal untuk lebih memasyarakat. Kegiatan ini pula sebagai apresiasi terhadap kabupaten/kota yang menyajikan makanan berbahan ikan yang mempunyai nilai tambah/ekonomis,” paparnya.

Sasaran kegiatan ini di antaranya, penganekaragaman pangan dengan memanfaatkan bahan baku ikan. Berkembangnya inovasi produk dan keragaman industri pangan berbahan ikan, inovasi dan teknologi kemasan bagi industri pangan serta tersedianya sarana promosi bagi produk olahan pangan unggulan bagi pelaku industri. Apresiasi terhadap kabupaten/kota yang menyajikan produk makanan berbahan baku unggulan daerah dan tersusunnya direktori kumpulan makanan minuman yang dikembangkan setiap kab/kota dengan memanfaatkan potensi unggulan masing-masing.

Festival keanekaragaman makanan berbahan baku lokal 2019 berupa pameran dan retail yang diikuti oleh lembaga penelitian/perguruan tinggi, dinas yang membidangi perindustrian dan perdagangan serta TP PKK yang menampilkan hasil industri pangan berbahan baku lokal yang akan menjadi unggulan daerah.

Pada kegiatan ini pula digelar demo pengolahan pangan yang dilakukan oleh pemenang lomba dan/atau profesional, talkshow bersama enterpreneur sukses, berbagai lomba dengan kategori bagi TP PKK kab/kota se-Jawa Barat, pelaku usaha/IKM, mahasiswa, pelajar SMA, SLTP, dan SD.

Lomba yang digelar di antaranya lomba diversifikasi produk olahan IKM, lomba desain kemasan IKM, lomba foo business model, lomba masak olahan ikan, lomba majalah dinding dan lomba menebak jenis ikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan