Embarkasi Kertajati Berangkatkan 17 Kloter

Sementara itu, Nizar, Direk­tur Jenderal Direktorat Penyel­enggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI maskapai pener­bangan segera mendaftarkan slot time terlebih dahulu ke pemerintah Arab Saudi.

“Makanya, nanti dalam rapat Kamis (16/5) mendatang akan dibahas pula soal ini. Pasalnya, untuk mendaftarkan slot time butuh waktu,” jelasnya.

Direncanakan, hari Kamis (16/5) di Jakarta, Dirjen Penyel­enggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Kemenhub, Ga­ruda Indonesia dan Saudi Arabia Airline, akan meng­gelar rapat mengenai meka­nisme penerbangan untuk mengangkut 17 kloter calon jamaah haji untuk embar­kasi Kertajati.

KPPU Pantau Harga Tiket Pesawat

Sementara itu, Komisi Peng­awas Persaingan Usaha (KPPU) Wilayah III Banten DKI Jakar­ta dan Jawa Barat terus meman­tau harga tiket pesawat yang saat ini dirasakan calon jamaah masih mahal.

Komisioner KPPU Wilayah III Kurnia Toha mengaku su­dah bertemu dengan Men­teri Perhubungan terkait harga tiket pesawat yang ma­hal. Dari hasil pembicaraan­nya tersebut, Kementerian Perhubungan akan segera mengeluarkan peraturan guna menurun harga atas.

“Karena ada harga atas, pelaku usaha penerbangan mepet di harga atas, kami juga sudah periksa,” ucapnya.

Intervensi pemerintah, ujar­nya, sangat penting terhadap industri penerbangan. Pasal­nya usaha ini pelakunya ma­sih sedikit, sehingga harga tiket pesawat tidak dapat di­serahkan oleh mekanisme pasar. “Kecuali pelaku usaha di industri ini banyak, meka­nisme pasar bisa berlaku,” ungkapnya.

Toha berharap dengan langkah-langkah yang diam­bil oleh Menteri Perhubung­an RI, harga tiket pesawat dapat turun menjelang arus mudik saat ini.

“Kami hargai langkah-lang­kah itu. Kami akan terus pan­tau apabila aturan itu sudah turun dalam minggu-minggu ini,” harapnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan