Dukung Pemberdayaan Ekonomi bank bjb Salurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) UMKM dan TKI

BANDUNG – PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. (bank bjb) senantiasa mendukung upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), penciptaan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan melalui pembiayaan penjaminan kredit bagi UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Bertempat di Gedung Kertawahana Kantor Pusat bank bjb telah dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara bank bjb dengan PT Citra Octa Rajawali, PT Bendara Fortuna Indonesia, PT Antar Indosadya dan PT Sukma Karya Sejati. Diselenggarakannya Perjanjian Kerjasama tersebut adalah sebagai bentuk dukungan nyata dan peran serta bank bjb dalam menumbuhkan perekonomian di pedesaan terutama sektor UMKM melalui pembiayaan KUR untuk POMDES.

POMDES adalah program ekonomi kerakyataan yang berbasis teknologi dan energi dengan rincian program POMDES yakni penyediaan energi BBM, BBG, penjualan sembako, bahan kebutuhan pokok lainnya seperti pulsa, token listrik, Payment Point Online Bank (PPOB) dan marketplace desa.

 

Selain itu dalam rangka mendukung program Pemerintah di sektor ketenagakerjaan khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI), bank bjb melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan dalam penyaluran KUR TKI. bank bjb dipercaya oleh Pemerintah sebagai salah satu Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat termasuk KUR TKI. Saat ini Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi yang tercatat paling banyak dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, hal ini yang menjadikan peluang bisnis bagi bank bjb dalam pembiayaan penempatan Pekerja Migran Indonesia melalui KUR TKI.

Dihubungi secara terpisah, Suartini selaku Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb menuturkan, “terselenggaranya PKS ini merupakan bukti nyata bank bjb selalu mendukung program-program pemerintah terutama sebagai Bank Penyalur yang mendukung program pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan. Selain sumbangsih yang besar terhadap perekonomian Indonesia, UMKM juga merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketimpangan maupun kesenjangan pendapatan masyarakat Indonesia, karena sektor ini mempunyai ketahanan ekonomi yang tinggi. Selain itu dalam PKS hari ini juga telah tersalurkan KUR TKI, yang mana PMI merupakan pahlawan Devisa dan Duta Bangsa, sehingga hal ini akan memudahkan PMI untuk dapat bekerja ke luar negeri melalui pembiayaan yang diberikan melalui bank bjb.” (HW)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan