Dubes Polandia Berikan Motivasi Mahasiswa UTama

BANDUNG – Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah, memberikan materi kuliah umum di Universitas Widyatama (UTama) Rabu (5/11). Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa UTama itu mengambil tema: “Building Strong Work Etnic for Global Competition”.

Dalam paparannya, Nining sapaan akrab untuk Siti Nugraha Mauludiah, memberikan tips khusus untuk mencapai kesuksesan, dan menceritakan perjalanan singkat karirnya di hadapan sekira 600 mahasiswa UTama.

Menurut dia, kesuksesan mahasiswa dapat diraih jika memiliki kreatifitas, mandiri dan mempunyai jiwa enterpreneur.

”Dan yang paling penting, mahasiswa harus menguasai bahasa asing (terutama bahasa Inggris) dan bahasa pemrograman. Karena dunia kerja saat ini berkaitan dengan dua bahasa tersebut,” ujar Nining.

Lebih jauh dia melanjutkan, penguasaan bahasa asing sangat penting terutama bagi generasi muda yang menyukai dunia entrepreneur dan ekonomi digital.

”Saya punya harapan besar terhadap Mendikbud yang baru saat ini. Dan saya sepakat terkait dua hal yang harus dikuasai oleh generasi muda yakni bahasa asing baik itu bahasa Inggris serta bahasa digital atau bahasa pemrograman karena sangat menunjang peningkatan ekonomi ke depan,” harapnya.
Diakui Nining, saat ini sumber daya manusia lulusan perguruan tinggi di Indonsia  cukup kompetitif dengan negara lainnya, dan untuk perusahaan perusahaan  yang bergerak di sektor olah data digital seperti transportasi online perusahaan E-commerce dan perusahaan lainnya, dinilai mempunyai kekuatan pasar dan keuntungan yang besar.

Ditempat yang sama, Rektor UTama Prof Obsatar Sinaga menambahkan, kuliah umum sengaja digelar guna memberikan motivasi dan pemahaman pentingnya berkemampuan bahasa yang membuni serta dibutuhkan untuk syarat bekerja dan berbisnis. Selain itu, adanya keterbukaan media, penggunaan medsos, menjadi penilaian tersendiri.

”Untuk generasi muda atau mahasiswa, paling sederhana dalam dunia digital yang hari ini sangat bisa dilakukan adalah menjaga sikap di media sosial. Pasalnya media sosial saat ini menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan yang akan menerima karyawan baru,” ucapnya.

Menurutnya, UTama sudah mendapatkan berbagai prestasi dan penghargaan baik nasional maupun internasional.

”Sehingga pencapaian tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan kualitas mahasiswa yang siap terjun bekerja,” tutupnya.(mg5/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan