Dua Pelatih Kandidat Kuat Gantikan Simon McMenemy

Gatot mengatakan kepada para pewarta, dirinya mendapatkan kabar dari Sekretaris Jenderal PSSI periode 2016-2017 Ade Wellington bahwa Luis Milla ingin kembali ke Indonesia.

“Saya mengemukakan kabar ini semata untuk menanggapi keinginan publik yang meminta Luis Milla kembali karena timnas Indonesia kalah beruntun di kualifikasi Piala Dunia,” kata Gatot.

Menurut dia, Milla masih mencintai Indonesia. Bahkan mantan pemain klub Barcelona dan Real Madrid itu sengaja tidak menerima pinangan melatih klub atau timnas negara lain demi Garuda.

Gatot pun menegaskan bahwa Kemenpora siap memfasilitasi jika PSSI memang ingin merekrut lagi Luis Milla. Akan tetapi, fasilitas itu sebatas mempertemukan, bukan membantu terkait gaji Milla yang disebut-sebut hingga miliaran rupiah perbulan.

“Pemerintah tidak memiliki anggaran untuk membantu gaji Milla. Namun, kami siap memfasilitas jika PSSI memang ingin meminangnya. Milla masih menunggu PSSI. Mungkin ada batas waktu tertentu. Kalau tidak, ya, ‘good bye’,” tutur dia.
Luis Milla melatih timnas U-23 dan senior Indonesia pada tahun 2017-2018 dan membawa Indonesia ke peringkat ketiga SEA Games 2017 dan perdelapan final Asian Games 2018.

Ketika melatih timnas U-23 dan senior Indonesia, Milla menjalani 29 pertandingan dengan hasil 13 kali menang, tujuh kali seri dan sisanya berakhir degan kekalahan.

Calon pengganti lain yang layak dipertimbangkan sebagai substitusi Simon McMenemy adalah pelatih yang juga putra asli Lampung, Rahmad Darmawan. Legenda tim nasional Indonesia Gendut Doni mengatakan, pelatih yang akrab disapa RD itu memiliki pengalaman yang cukup untuk menangani timnas Indonesia.

Selain itu, RD juga sudah memiliki lisensi AFC Pro, lebih tinggi dari Simon McMenemy yang baru memegang lisensi A AFC. “Pelatih RD itu paling cocok menangani timnas. Saya kira kualitas pelatih lokal tidak kalah dari pelatih asing,” ujar Gendut Doni, sang pencetak gol terbanyak di Piala AFF tahun 2000.

Rahmad Darmawan sendiri belum pernah benar-benar menjadi pelatih kepala timnas senior Indonesia. RD memang sempat menangani timnas yakni para Kualifikasi Piala Dunia 2014 dan Kualifikasi Piala Asia 2015, tetapi itu hanya berstatus pelatih sementara. Namun, dia pernah menjabat asisten timnas Indonesia pada tahun 2002 dan 2011. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan